9.9 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Sekdakab Deli Serdang Minta Satukan Pemahaman Kerukunan Hidup Umat Beragama

Deli Serdang, MISTAR.ID

Sekdakab Deli Serdang H Timur Tumanggor menyebutkan, Kabupaten Deli Serdang dengan potensi wilayahnya yang besar dan memiliki keberagaman sosial kemasyarakatan, menginginkan kokohnya persatuan dan kesatuan.

“Masyarakat Deli Serdang tersebar dari setiap kecamatan,hidup dalam keberagaman suku, agama, sosial dan budaya. Karenanya peran pemuka agama sangat dibutuhkan, sebagai perpanjangan tangan pemerintah untuk mendeteksi ancaman, hambatan dan gangguan di kehidupan masyarakat,” kata H Timur Tumanggor pada acara sarasehan pemuka agama yang dihadiri Majelis Ulama Indonesia (MUI), Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), Muhammadiyah, Alwashliyah dan Nahdlatul Ulama, Forum Komunikasi Pemuka Agama (FKPA) dan pengurus masjid dari lima kecamatan, yakni Galang, Pagar Merbau, Lubuk Pakam, Beringin dan Pantai Labu di Aula SMK Negeri 1 Beringin, Senin (26/12/22).

Baca Juga:FKUB Toba Gelar Dialog Kerukunan Antar Umat Beragama

Dijelaskan Timur Tumanggor, digelarnya sarasehan tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan kondusifitas di tengah-tengah masyarakat. Sekaligus menjaga dan memelihara kerukunan antar umat beragama yang dilandasi toleransi, saling menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kata Tumanggor,meskipun Deli Serdang dilatarbelakangi adanya perbedaan, namun harus tetap menjunjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan. Serta menunjukkan perbedaan adat, suku, budaya dan agama tidak menjadi pemisah antar masyarakat.

“Untuk itu, kita satukan pemahaman dalam memantapkan kerukunan hidup umat beragama.Hal itu semakin menguatkan komitmen untuk lebih aktif menyosialisasikan penguatan kearifan lokal dalam membina kerukunan umat beragama,” papar Tumanggor.

Baca Juga:Wali Kota Ajak FKUB Rawat Toleransi Kerukunan Umat Beragama di Siantar

Ia juga berharap, sarasehan yang dilaksanakan bisa terus berlanjut, sehingga visi-misi Deli Serdang yang maju, sejahtera, religius dan rukun dalam kebhinekaan bisa segera terwujud.

Turut hadir, Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Citra Effendi Capah, Ketua MUI Deli Serdang KH Amir Panatagama, Ketua FKUB H Waluyo, Kaban Kesbang Pol Zainal Abidin Hutagalung, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Khairul Azman, Kepala Dinas Pendidikan Yudy Hilmawan, Kabag Kesra Syahrul dan sejumlah camat.(rinaldi/hm15)

Related Articles

Latest Articles