13.6 C
New York
Monday, May 6, 2024

Sekda Lantik 72 Pejabat Fungsional, Wabup Dairi: Tidak Ada Perintah Bupati

Dairi, MISTAR.ID

Pelantikan 72 pejabat fungsional dan administrator yang dilakukan Seketaris Daerah (Sekda) Kabupaten Dairi Budianta Pinem dianggap janggal. Karena bukan Wakil Bupati Dairi Jimmy AL Sihombing yang melakukan pelantikan tersebut di Gedung Balai Budaya Sidikalang pada Rabu (31/5/23).

Keanehan dan kejanggalan itu pun menjadi isu hangat yang meluas di masyarakat dan para ASN Dairi. Sebab menjadi pertanyaan banyak orang, masalah apa yang terjadi antara Bupati dengan Wabup.

“Mengapa Sekda yang melantik sementara Wabup ada disini. Apa sudah Sekdanya yang menjadi wakil Bupati,” ucap beberapa warga di seputaran lokasi pelantikan dengan nada bercanda.

Baca juga: Bupati Lepas 21 Jemaah Calon Haji 2023 Asal Dairi

Terkait hal tersebut, Wakil Bupati Dairi Jimmy AL Sihombing ketika dihubungi Mistar.id menjelaskan. Bahwa dirinya pada pagi hari melakukan tinjauan jalan yang alami longsor di Desa Lae Luhung.

“Ya benar, posisi saya di Sidikalang, Dairi seperti awak media saksikan. Barusan tadi pagi saya habis dari Desa Lae Luhung Siempat Nempu Hilir meninjau beberapa titik jalan yang amblas karena longsor. Terkait mengapa tidak saya yang melantik, mungkin lebih jelasnya bisa dikonfirmasikan ke Bapak Bupati melalui Kepala BKSDM,” ujar Jimmy.

Masih disinggung terkait bukan dirinya yang melakukan pelantikan, Jimmy mengatakan belum menerima perintah dari Bupati Dairi.

Baca juga: Pelayanan Kesehatan Dairi Buruk, Komisi III DPR-RI Kritik Bupati

“Setau saya sampai saat ini tidak ada perintah atau disposisi kepada saya untuk melantik terkait pergeseran atau mutasi ASN hari ini. Dan seperti sebelum-sebelumnya tidak pernah sama sekali ada diskusi atau diminta masukkan kepada saya terkait mutasi ASN di Pemkab Dairi,” terang Jimmy

“Saya kira mungkin karena kemampuan yang sudah cukup baik dari Kepala BKSDM dan jajarannya, maka mereka rasa tidak perlu meminta pendapat atau masukan dari saya sebagia Wakil Bupati Dairi terkait mutasi ASN di Pemkab Dairi,” papar Jimmy AL Sihombing.

Sementara itu secara terpisah, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Dairi Junihardi Siregar menjelaskan terkait pelantikan yang dilakukan oelh Sekda Dairi karena Bupati dan Wakil Bupati sedang melaksanakan dinas luar.

Baca juga: Puluhan Honorer Tendik Audensi Ke DPRD Dairi, Minta Diangkat Jadi PNS/ASN PPPK 2023

“Pak Bupati dan Wabup Dairi sedang dinas luar, maka Bupati menugaskan pak Sekda melaksanakan pelantikan 72 pejabat fungsional dan administrator,” jawab Junihardi Siregar dengan singkat. (Manru/hm21).

Related Articles

Latest Articles