8 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Reses di Dairi, Junimart Girsang Bagikan Ratusan Alat Pertanian

Dairi, MISTAR.ID

Ratusan alat pertanian dibagikan Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang kepada warga petani saat melaksanakan reses di tiga kecamatan, di antaranya di Kecamatan Tigalingga, Silima Punggapungga dan Kecamatan Sumbul, Kabupaten Dairi, Sabtu (6/5/23).

Alat pertanian dibagikan secara doorprize (lucky draw), di antaranya alat pertanian berupa cangkul sebanyak 300 buah, 15 pompa elektric dan sorong angkong 15 unit. Masing-masing kecamatan mendapat 100 buah cangkul, 5 pompa elektrik dan 5 unit sorong angkong.

Dalam sambutannya, Junimart Girsang mengaku selalu siap membantu pengembangan pertanian untuk mendorong perekonomian rakyat, melalui penyediaan sarana produksi. Sekaitan itu, para petani diharap dan diminta agar bergabung dalam wadah kelompok tani yang  terdaftar dalam sistem. Dan bagi yang belum memenuhi administrasi, supaya  segera dibenahi, termasuk pencacatan di akta notaris agar layak dapat alokasi sarana pertanian dimaksud.

Baca Juga:Junimart Girsang: Bangun Program Kerja yang Menyentuh Masyarakat Luas

“Banyak bantuan bisa digiring dan didapat warga petani Dairi. Dengan syarat, kelompok tani harus terdaftar dalam system,” paparnya.

Selain wadah penerima sarana produksi pertanian, lahan milik warga yang legalitasnya sudah jelas dan  bersertifikat, juga menjadi peluang dengan nilai jual meningkat dan bisa bermanfaat ganda lewat perolehan agunan kredit ke bank.

Dalam kesempatan itu Junimart memberikan kesempatan pendampingan bagi warga yang memiliki lahan yang belum bersertifikat. Dengan diajukan melalui relawan Junimart Girsang Center dan dipastikan dalam tempo dua bulan tuntas dan sertifikat terbit.

Baca Juga:Sambut Natal 2022 , Wakil Ketua Komisi II DPR-RI Junimart Girsang Salurkan Rp330 Juta Hadiah 

Ori Simanjuntak mewakili masyarakat Tigalingga menyambut baik kehadiran Junimart Girsang. Menurutnya, salah satu kerinduan warga Dairi adalah kerinduan bantuan bibit durian untuk mendukung budidaya durian selaku buah ciri khas Sidikalang, Dairi.(manru/hm15)

Related Articles

Latest Articles