16.1 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Pemkab Sergai Serahkan Bantuan Perahu Kapal Pada Nelayan

Sergai, MISTAR.ID

Enam perahu penangkap ikan di bawah 5 GT (Groos Ton) diserahkan kepada 6 Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang berada di tiga Kecamatan, yakni Kecamatan Tanjung Beringin, Kecamatan Sei Rampah dan Kecamatan Perbaungan. Penyerahan Perahu Kapal tersebut dilaksanakan di Dusun 3 Desa Pekan Tanjung Beringin, pada Kamis (21/12/23).

Untuk KUB penerima manfaat dari Kecamatan Tanjung Beringin yaitu, KUB Nelayan Jaya dari Desa Pekan Tanjung Beringin, KUB Nelayan Sampan Buatan dari Desa Pekan Tanjung Beringin, KUB Nelayan Sejati dari Desa Nagur dan KUB Nelayan Mawar Indah dari Desa Nagur.

Kemudian untuk Kecamatan Perbaungan yaitu, KUB Nelayan Bahari dari Desa Naga Lawan dan untuk Kecamatan Sei Rampah yaitu KUB Nelayan Mekar dari Desa Sei Rejo.

Baca juga: Menteri Kelautan dan Perikanan Angkat Bicara Terkait Penghapusan Subsidi BBM untuk Nelayan

Bupati Serdang Bedagai H.Darma Wijaya mengungkapkan, saat ini kurang lebih 10.171 yang berprofesi sebagai nelayan dimana 8.413 jiwa adalah nelayan penuh dan 1.758 jiwa merupakan nelayan sambilan. Kemudian nelayan tersebut mayoritas sebagai nelayan tradisional yang melakukan usaha menangkap ikan.

“Pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan perikanan memberikan 6 unit perahu/ kapal di bawah 5 GT yang bersumber dari DAK tersebut, merupakan upaya mendukung perubahan paradigma kebijakan pembangunan perikanan tidak berfokus pada produksi tetapi juga perikanan berkelanjutan yang melindungi laut dan sumber dayanya dari eksploitasi penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan” ungkap Bupati.

Bupati mengajak penerima bantuan untuk agar patuh dan jangan menggunakan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan seperti pukat trawl atau pukat harimau.
“Semoga bantuan yang hari ini diberikan dapat membantu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan khususnya nelayan yang ada di Kabupaten Sergai,” katanya.

Baca juga: Nelayan Ini Curi HP Tetangganya di Tanjung Tiram

Sementara Kepala Dinas Perikanan Dr. Klaudia Devinta Siregar menyebut, penyerahan kapal itu merupakan agenda wajib, sebagai upaya untuk mensukseskan visi dan misi Bupati Sergai melalui program dan kegiatan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang kelautan dan perikanan tahun 2023.

“Kami juga berharap kepada KUB sebagai penerima bantuan agar senantiasa merawat dan menjaga bantuan yang telah diberikan, sebab menjaga dan merawat merupakan hal yang sulit dan semoga bantuan tersebut bisa bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan yang tergabung di dalam KUB tersebut,” ungkap Klaudia. (boby/hm17)

Related Articles

Latest Articles