18.6 C
New York
Monday, April 29, 2024

Pemkab Pakpak Bharat Sosialisasi Pemanfaatan E-Katalog Lokal dan Toko Daring

Pakpak Bharat, MISTAR.ID

Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat terus mendorong pelaku UMKM di daerah ini untuk bersiap dalam pemanfaatkan toko daring dan katalog lokal agar produk yang dihasilkan lebih dikenal dan pemasarannya dapat lebih maksimal.

Percepatan pelaksanaan katalog harus sesuai Instruksi Presiden tentang percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi dalam rangka menyukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia pada pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah khususnya daerah Pakpak Bharat.

Hal ini terungkap dalam rapat serta sosialisasi yang digelar di ruang rapat Nusantara, kompleks kantor Bupati Pakpak Bharat, Kamis (8/9/22). Kegiatan itu dilaksanakan bersama pelaku UMKM dan pemangku kepentingan terkait guna mengetahui sejauh mana pemanfaatan produk lokal dalam mendukung kegiatan pemerintah.

Baca Juga:Pertanian Sistem Hidroponik Mulai Dikembangkan di Kuta Dame Pakpak Bharat

Pemerintah belakangan ini tengah gencar mendorong seluruh instansi pemerintah guna memanfaatkan produk-produk lokal serta produk dalam negeri untuk membantu percepatan pemulihan ekonomi masyarakat setelah pandemi Covid-19 yang berdampak terpuruknya ekonomi masyarakat.

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor melalui Plt Asisten Pemerintahan Petrus Seragih menjelaskan agar dalam pemanfaatan katalog lokal ini para pelaku usaha benar-benar memiliki komitmen dalam peningkatan ekonominya.

Bupati menyarankan sebaiknya proses katalogisasi dikerjakan pemerintah mengingat tenggat waktu yang sangat sempit.

Baca Juga:Bupati Pakpak Bharat Ajak Kaum Perempuan Berpartisipasi dalam Pembangunan

Namun dalam proses penayangan akan dibuat secara nasional, produk lokal yang ditayangkan nantinya diharapkan bisa dibeli konsumen dari daerah lain ataupun katalog lokal ini bisa menjadi ajang promosi daerah lain.

“Saya harapkan kita semua yang hadir mengikuti sosialisasi ini agar mengikuti dengan serius. Kepada para petugas yang turut hadir saya pesankan supaya bantulah para pelaku usaha lokal kita, dorong mereka untuk memanfaatkan sarana promosi ini,” kata Bupati dalam arahan tertulisnya. (sampang/hm14)

Related Articles

Latest Articles