8 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Bupati Pakpak Bharat Janji akan Perbaiki Jembatan Hanyut di Desa Malum

Pakpak Bharat, MISTAR.ID

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pakpak Bharat melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) segera membangun jembatan yang putus di Dusun Lae Mrempat, Desa Malum, Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe.

Hal itu disampaikan Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor didampingi Kadis PUTR Maringan Bancin, Kepala BPBD Augusman H Padang, saat meninjau jembatan yang putus akibat terbawa air hujan deras, Rabu (6/3/24).

“Kami bersama Dinas PUTR dan Perhubungan akan segera melakukan penghitungan dan perkiraan biaya yang diperlukan. Saya mohon masyarakat bisa bersabar sebentar ya,” ucap Bupati sembari membagikan puluhan paket sembako bagi warga yang terdampak bencana alam tersebut.

Terlihat di lokasi, tim BPBD Pakpak Bharat bersama masyarakat Desa Malum tengah bersiap membangun jembatan darurat berupa beberapa batang kelapa sebagai pengganti jembatan lama yang telah hanyut terbawa longsoran.

Baca Juga : Jembatan Binanga Bolon Haranggaol Putus Diterjang Air Bah

Kepala Dinas PUTR Pakpak Bharat, Augusman Padang menjelaskan, intensitas hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten Pakpak Bharat mengakibatkan jalan amblas dan menghanyutkan badan jembatan.

“Akibat peristiwa ini, akses jalan penghubung utama Desa Malum menuju Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe putus total. Mobilisasi masyarakat termasuk jalur pasokan logistik dan sembako, serta menyebabkan hasil-hasil pertanian sebagai mata pencaharian utama di Desa ini tidak bisa diangkut keluar. Total 167 Kepala Keluarga di Desa Malum dan sekitarnya terdampak akibat terputusnya jembatan ini,” jelasnya. (sampang/hm24)

Related Articles

Latest Articles