18.6 C
New York
Monday, April 29, 2024

Pemdes Lumban Gaol Imbau Warga Optimalkan Pertanaman Padi Serentak

Toba, MISTAR.ID

Pemerintah Desa Lumban Gaol Kecamatan Balige Kabupaten Toba mengimbau warganya agar mengoptimalkan pertanaman padi secara serentak. Hal ini juga untuk mendukung Program Pemkab Toba untuk peningkatan produktivitas pertanaman padi melalui pola tanam dua kali setahun, secara serentak.

Hal itu, disampaikan Benny Tambunan selaku Kepala Seksi Pemerintahan Desa Lumban Gaol, disaat penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), bertempat di Balai Desa Lumban Gaol, Selasa (21/6/22). Benny Tambunan, yang juga Pelaksana Kegiatan Penyaluran BLT DD, menyampaikan bahwa jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT DD sebanyak 101 KPM.

“Hari ini disalurkan untuk tiga bulan sekaligus, yakni untuk bulan April, Mei dan Juni 2022, sebesar Rp300 ribu per bulannya, sehingga masing-masing KPM menerima sebesar Rp900 ribu,” terangnya.

Baca juga: Gubsu Edy Panen Padi Bersama Petani Desa Lau Kasumpat Karo  

Didampingi Sekdes Lumban Gaol Roni Yakub Tambunan dan unsur BPD, Benny berharap agar BLT yang baru saja diterima, dipergunakan untuk kebutuhan mendasar dalam menopang pemulihan ekonomi masing-masing KPM. Selanjutnya, Benny mengimbau warga untuk tetap menjalin kekompakan di bidang pertanaman padi dalam mewujudkan pola tanam serentak.

Luas lahan pertanaman padi di Desa Lumban Gaol seluas 76 hektar pada dua areal hamparan. Dimana pada satu hamparan seluas 51 hektar, saat ini sudah kondisi selesai tanam. Kemudian satu areal hamparan lagi seluas 25 hektar, saat ini sedang pada progres pengolahan.

“Mari kita optimalkan progres pengolahan untuk mewujudkan masa pertanaman yang serentak pada lahan tersebut,” imbau Benny.

Baca juga: Di Sulawesi Barat, 30 Hektare Tanaman Padi Busuk Akibat Banjir

Senada, Kepala Desa Lumban Gaol Edward Tambunan, kembali mengimbau warga untuk terus membangun dan meningkatkan rasa kegotongroyongan, baik di bidang kebersihan lingkungan maupun pada pola pertanaman padi.

Edward Tambunan juga berharap, agar Pemkab Toba secara kontiniu memperhatikan ketersediaan pupuk, khususnya bagi lahan-lahan pertanian di Toba, salah satunya di Desa Lumban Gaol yang dalam kondisi jelang masa pemupukan. Dia juga menyebutkan ketersediaan pupuk, salah satu upaya meningkatkan produktivitas hasil pertanian dan hal ini kiranya menjadi perhatian serius dari pemerintah. (james/hm09)

Related Articles

Latest Articles