16 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Pekerjaan Normalisasi Sungai di Sumber Rejo Batu Bara Tanpa Plang Proyek

Batu Bara, MISTAR.ID

Mungkin untuk mengejar tenggat waktu (target pekerjaan), ada hal aneh di Kabupaten Batu Bara. Tim wartawan dari group Wappress, menemukan proyek siluman. Pasalnya, tanpa plang dan tanpa sumber anggaran yang jelas.

Pekerjaan normalisasi sungai tersebut berada di Desa Sumber Rejo Kecamatan Datok Lima Puluh Kabupaten Batu Bara. Pekerjaan yang sedang berjalan ditaksir lebih kurang 300 meter di sebelah kiri benteng sungai.

Saat ditemui di lokasi pekerjaan, Yoyok yang mengaku pelaksana pekerjaan mengatakan hanya disuruh mengerjakan dulu oleh BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Batu Bara. Sedangkan mengenai judul kegiatan normalisasi sepanjang 500 meter serta sumber anggarannya, Yoyok mengaku belum tahu.

“Saya cuma disuruh oleh Kepala BPBD untuk mengerjakan dulu. Disuruh menghitung segala pengeluaran dan volume pekerjaan. Dan berapa nanti dibayar saya belum tahu”, ucap Yoyok.

Baca juga: Tinjau Pos PAM Ops Lilin Toba, Kapolres Batu Bara Tempel Stiker

Dikonfirmasi lewat seluler, Selasa (22/12/20) petang, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batu Bara, Anuardi mengaku belum ada laporan (terkait pekerjaan normalisasi) ke pihaknya.

Anuardi menduga pekerjaan tersebut dari Dinas PUPR Kabupaten Batu Bara. “Tapi itupun nanti saya cek dulu,” ujarnya.

Menanggapi kegiatan normalisasi sungai Desa Sumber Rejo yang tidak diketahui tuannya, Ketua Investigasi BPI KPNPA RI Kabupaten Batu Bara Darmansyah mengatakan, apapun jenis pekerjaan yang menggunakan uang negara, maka instansi terkait harus transparan, terkecuali menggunakan uang pribadi.

“Masyarakat juga butuh informasi tentang penggunaan anggaran, sumbernya dari mana, jumlah anggaran nya berapa, volumenya berapa,” sebut Darmansyah.

Baca juga: 5 Perwira Polres Batu Bara Disertijabkan

Bahkan menurut Darmansyah, meski anggaran pengerjaan normalisasi tersebut bersumber dari PEN, tetap saja pemerintah harus transparan. (ebson/hm07)

Related Articles

Latest Articles