15 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Naikkan Derajat Petani, Ini Langkah Pemerintah

Deli Serdang, MISTAR.ID

Direktur Utama Holding PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani meninjau pabrik minyak makan merah di Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Pagar Merbau, Kecamatan Pagar Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (19/12/23).

Kunjungan Abdul Ghani tersebut untuk melihat proses produksi pabrik percontohan yang dikelola PPKS Medan. Untuk saat ini pabrik yang berdiri di areal pabrik kelapa sawit eks PTPN 2 itu mampu memproduksi 10 ton kelapa sawit menjadi 7 ton minyak makan merah.

“Ini merupakan terobosan yang luar biasa. Sebab nantinya, setiap 1.000 hektar kelapa sawit petani, pemerintah akan mendirikan 1 pabrik yang akan mengolah minyak makan merah. Ini merupakan gagasan Bapak Presiden yang diteruskan Bapak Meneg BUMN yang bertujuan meningkatkan derajat para petani. Jika selama ini mereka hanya menjual hasil kebunnya, dengan program ini mereka ikut menentukan pengelolaannya,” jelas Abdul Ghani.

Baca juga: Harga TBS Sawit di Tanah Jawa Tembus Rp2050 per Kilogram

Meski terlihat sederhana minyak makan merah memiliki keistimewaan karena mengandung unsur vitamin A dan E yang mampu menurunkan stunting bagi pertumbuhan anak.

“Minyak makan merah  mampu berperan menurunkan tingkat stunting anak-anak khususnya di pedesaan,” tambah Abdul Ghani.

Kedepannya, lanjutnya, pabrik minyak makan merah juga akan memproduksi bahan-bahan kebutuhan rumah tangga lainnya, seperti sabun dan sejenisnya. Sehingga kehadirannya benar-benar bisa membawa manfaat bagi masyarakat luas. (sembiring/hm17)

Related Articles

Latest Articles