19.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

MTQ Tingkat Pelajar di Asahan Diikuti 212 Siswa

Asahan, MISTAR.ID

Sebanyak 212 siswa se Kabupaten Asahan mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat pelajar di Gedung Tahfidz Masjid Agung Kisaran. Kegiatan itu berlangsung hingga 17 Desember 2022.

“Ada sebanyak 212 pelajar dari 25 kecamatan di Asahan yang mengikuti kegiatan ini,” kata Hadi Raitra, panitia pelaksana saat dihubungi wartawan, Jumat (16/12/22).

Sebelumnya, kegiatan tersebut dibuka oleh  Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, Selasa (13/12/22).  Ratifa menambahkan acara ini mendapat sambutan dan antusias dari para peserta seluruh kecamatan yang mengirimkan perwakilannya.

Baca Juga:SMAN 4 Pematang Siantar Juara Umum Gebyar MTQ Pelajar Pancasila 2022 se Cabdis Siantar 

Dia menjelaskan, peserta yang mengikuti MTQ terbagi dalam beberapa cabang yakni cabang Tartil SD, putra 21 peserta, putri 23. Cabang Tilawah SMP putra 21 orang, putri 21. Cabang Tilawah SMA, putra 18 peserta, putri 19. Selanjutnya cabang Hifzil 1 juz SD, putra 16, putri 20. Cabang Hifzil 5 juz SMP, putra 13, putri 17. Hifzil 10 juz SMA, putra 13 peserta, putri 11.

Ia menambahkan  MTQ antar pelajar ini bisa dijadikan semangat dan media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, karena MTQ secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah.

Sebelumnya, Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin dalam acara pembukaan, mengajak seluruh pelajar untuk menjadikan Alquran sebagai sumber ilmu pengetahuan yang harus terus dipelajari dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:Gebyar MTQ Pelajar Pancasila Resmi Ditutup, Kadisdik Provsu: Saya Yakin Mereka Bisa Juara!

Selanjutnya, Wabup Taufik memberikan apresiasi atas antusiasme insan pendidikan dan pelajar yang telah mampu menyuguhkan nuansa religius keagaaman.

Taufik juga berharap seluruh peserta khususnya para penggiat Alquran untuk terus meningkatkan kualitas para generasi Qurani dalam mengasah kemampuan, sehingga bukan dari kuantitas saja, tapi dapat diperhitungkan dari segi kualitas pula. (perdana/hm14)

Related Articles

Latest Articles