9.8 C
New York
Friday, April 26, 2024

Program Dukcapil ‘Sikola’ di SMAN 1 Angkola Barat, Buat e-KTP Pelajar

Tapsel, MISTAR.ID

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) menyerahkan e-KTP di SMAN 1 Angkola Barat pada kegiatan Dukcapil Sikola, yang maknanya Dukcapil menyiapkan dokumen kependudukan anak sekolah atau pelajar, Jumat (26/4/2024).

Bupati Tapsel, Dolly Pasaribu menyebut, diberikannya fasilitas sampai ke sekolah-sekolah bertujuan membantu kemudahan bagi siswa-siswi, dalam membuat dokumen e-KTP bahkan sampai pengaktifan data kependudukan digital. Di mana, siswa-siswi tersebut tentu membutuhkan waktu dan biaya, bila melakukan perekaman e-KTP  ke kantor Bupati di Sipirok. Hal itu tentu bisa mengganggu proses belajar mereka.

“Kita (Pemkab Tapsel) fasilitasi sehingga mereka direkam dan siap di sekolah masing-masing,” terangnya seraya  memotivasi para siswa agar dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih tinggi.

Baca juga: Perbedaan E-KTP Dengan IKD

Sebelumnya, Kadis Dukcapil Abadi Siregar melalui Sekretaris Dinas, Ambia menyebut, saat ini Pemkab Tapsel telah mengadakan gerak peduli atas kepemilikan dokumen kependudukan secara usia dini. Di mana, manfaatnya untuk siswa-siswi itu sebagai keperluan pelayanan publik dan pemilu.

“Termasuk sukses Pemilukada (Pemilihan Umum Kepala Daerah) bulan November mendatang,” terangnya.

Dikatakan, program itu sebelumnya juga sudah berjalan diseluruh sekolah SLTA/sederajat, di wilayah Kabupaten Tapsel, dan rutin dilakukan setiap tahunnya.

Sementara Abdul Malik dan Ameliani Siregar pelajar yang berkesempatan mendapatkan e-KTP pada program itu, menyampaikan ucapkan terima kasihnya. (amran/hm17)

Related Articles

Latest Articles