21.4 C
New York
Friday, May 3, 2024

Loka POM Tanjungbalai Periksa 35 Sampel Makanan Takjil

Tanjungbalai, MISTAR.ID

Petugas Loka POM Kota Tanjungbalai memeriksa kandungan jajanan pangan buka puasa (takjil) di wilayah Tanjungbalai-Asahan sekitarnya.

Dari hasil pemeriksaan uji cepat petugas Loka POM dapat dipastikan takjil Ramadhan yang dijual para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Tanjungbalai bebas dari kandungan bahan berbahaya dan aman dikonsumsi.

Pemeriksaan makanan dan minuman takjil tersebut guna memastikan keamanan takjil yang dikonsumsi warga saat bulan Ramadhan 1443H/2022M.

Baca Juga:Loka POM Maksimalkan Pengawasan Pangan Selama Ramadhan dan Idul Fitri di Toba

Kepala Loka POM Kota Tanjungbalai Denny S Purba, Selasa (12/4/22) mengungkapkan kegiatan ini merupakan program rutin dalam rangka mengintensifkan pengawasan makanan berbuka puasa yang dikonsumsi masyarakat di Kota Tanjungbalai sekitarnya.

Informasi yang berhasil dihimpun, Loka POM Kota Tanjungbalai memeriksa 35 sampel makanan takjil dan semuanya dinyatakan memenuhi syarat untuk dikonsumsi dan aman dari bahan berbahaya.

“20 sampel di Jalan Listrik, 15 sampel di Pasar Suprapto,” kata Denny Purba.

Baca Juga:Jelang Nataru, Loka POM Toba Temukan Produk Bermasalah di Distributor Pangan

Tak ada bahan berbahaya dari takjil makanan dan minuman yang diperiksa pada makanan takjil berbuka puasa yang dijual di sepanjang Jalan Listrik Kota Tanjungbalai.

“Adapun dari dua wilayah yang kami periksa dari Kota Kisaran Asahan dan Kota Tanjungbalai, bahan berbahaya yang kami uji seperti formalin, boraks, dan bahan pengawet lainnya yang dilarang, dan tidak ditemukan. Termasuk juga pewarna tekstil rhodamin B dan pewarna tekstil metanil yellow yang sering digunakan pada makanan, tidak terdapat dalam pemeriksaan tadinya. Semua takjil aman untuk dikonsumsi dari pemeriksaan hari ini,” sebut Denny Purba. (saufi/hm14)

Related Articles

Latest Articles