26.3 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Ketua MUI Labura Ajak Masyarakat Lakukan 3 Hal Selama Ramadhan

Labura, MISTAR.ID

Ada 3 amalan yang perlu diamalkan dengan istiqamah selama Bulan Ramadhan,  dan diharapkan dapat terus dilakukan setelah bulan suci tersebut berakhir. Melalui ketiga amalan itu diharapkan akan membuka pintu surga nantinya.

Demikian disampaikan Ketua Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Syahrial Nasution pada acara Safari Ramadhan Tim III Pemkab Labura di Masjid At Taqwa Dusun III Desa Belungkut, Kecamatan Marbau, pada Kamis (14/3/24) malam.

Ketiga amalan itu yang pertama adalah istiqamah melakukan sholat berjamaah. Ia mengingatkan sholat itu merupakan amalan pertama yang akan dihisab Allah SWT.

Baca juga:Tahun ini, MCI Medan Dampingi 50 Mualaf Jalani Ramadhan Perdana

“Sholat lah di belakang imam sebelum sholat di depan imam. Sholat lah di masjid sebelum disholatkan di masjid,” kata pria kelahiran Labuhan Bilik Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu itu.

Amalan kedua adalah rajin dan terus meningkatkan sedekah. Pada Bulan Ramadhan ini setiap amalan akan dilipatgandakan pahalanya. Salah satu bentuk sedekah yang dianjurkan adalah memberi makanan kepada orang yang berpuasa.

Mengutip hadits Rasulullah, ia menyebutkan, orang yang memberi makan berbuka puasa akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang berpuasa. Ini tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut.

Baca juga:Bulan Ramadhan, Pemkab Taput Jamin Kenyamanan Berpuasa

“Jadi kalau hari ini di antara kita yang paling banyak pahalanya adalah pak Kepala Desa (Kades) karena berapa banyak orang yang tadi berbuka puasa di rumahnya,” candanya merujuk Kades Belungkut, Suheri yang turut hadir pada acara itu.

Kemudian amalan ketiga adalah memperbanyak membaca Al Qur’an. Karena setiap huruf yang dibaca akan mendapatkan ganjaran sepuluh pahala.

“Kalau bisa khatam sekali atau 2 kali selama Ramadhan, berapa banyak pahala yang kita dapat. Kalkulator pun error menghitungnya,” sebut Syahrial. (sunusi/hm16)

Related Articles

Latest Articles