14.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Kelapa Genjah Hijau, Varietas Unggul Era Bolo Labuhanbatu

Labuhanbatu, MISTAR.ID

Kelapa Genjah Hijau merupakan produk pertanian unggulan yang dimiliki oleh Kabupaten Labuhanbatu. Kelapa genjah hijau berkembang di Labuhanbatu tumbuh di pekarangan dengan jumlah buah lebih banyak. Kelapa ini berasal dari Desa Meranti Paham dan Desa Cinta Makmur, Kecamatan Panai Hulu.

Varietas unggul kelapa genjah hijau adalah galur hasil pemuliaan yang mempunyai satu atau lebih keunggulan khusus seperti potensi hasil tinggi, tahan terhadap hama, tahan terhadap penyakit, toleran terhadap cekaman lingkungan, mutu produk lebih baik.

Plt Bupati Labuhanbatu Hj Ellya Rosa Sirega mengatakan, pada laju pertumbuhan ekonomi dan pendapatan masyarakat serta penyediaan lapangan pekerjaan sebagaimana diketahui bahwa perkembangan luas areal perkebunan di Kabupaten Labuhanbatu khususnya, masih didominasi komoditas kelapa sawit dan karet sampai saat ini masih diminati oleh masyarakat.

“Data dari kementerian ATR APBN menunjukkan luas tanaman perkebunan di Kabupaten Labuhanbatu keseluruhannya lebih kurang 211,45 hektar atau 90% dari luasan Kabupaten Labuhanbatu terdiri dari kelapa sawit, karet, kelapa, kakao, pinang dan aren baik dalam bentuk kepemilikan oleh rakyat maupun oleh badan usaha. Hal ini menggambarkan bahwa wilayah Kabupaten labuhanbatu merupakan daerah yang cocok untuk tanaman perkebunan,” ujarnya, Rabu (20/3/24).

Baca Juga : Tradisi Punggahan, Wujud Syukur Pemkab Labuhanbatu Sambut Ramadhan

Disebutkan Ellya, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu telah membuat inovasi menanam kelapa genjah yang akan disidangkan nanti di Jakarta secara nasional. “Mudah-mudahan inovasi yang dilaksanakan oleh Kadis Pertanian Kabupaten Labuhanbatu mendapat respon dari bapak-bapak yang hadir hari ini, mari kita berdoa agar inovasi yang dilaksanakan oleh gadis pertanian dapat terwujud dengan baik,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu, H Agus Salim Ritonga menyampaikan, untuk memperoleh produk unggulan ini banyak sekali yang dialami bersama Dinas Pertanian dan Penelitian Provinsi Sumatera Utara. Nama Genjah Hijau sendiri disetujui oleh Bupati pada bulan Oktober tahun lalu, jadi mungkin nama ini enggak bisa dirubah karena telah memiliki SK menteri termasuk pemiliknya.

Disebutkan Agus, pada bulan April mendatang akan dilaksanakan sidang pelepasan kelapa tersebut di Jakarta. Menurutnya, nantinya Genjah Hijau akan membawa nama Kabupaten Labuhanbatu sejajar dengan daerah yang memiliki varietas unggul lainnya, sehingga bisa menambah bahkan meningkatkan taraf perekonomian masyarakat Labuhanbatu.

Related Articles

Latest Articles