25.2 C
New York
Thursday, July 25, 2024

Tradisi Punggahan, Wujud Syukur Pemkab Labuhanbatu Sambut Ramadhan

Labuhanbatu, MISTAR.ID

Sebagai wujud rasa syukur menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan 1445 H, Pemkab Labuhanbatu dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Bupati, Ellya Rosa Siregar menggelar tradisi yang selalu dilakukan umat muslim disebut dengan kata punggahan.

Acara punggahan ini diisi dengan makan siang bersama para pimpinan kerja lingkungan Pemkab Labuhanbatu beserta jajaran di Aek Mardua, Desa Tanjung Medan, Kecamatan Bilah Barat, pada Sabtu (9/3/24).

“Saya mengucapkan selamat melaksanakan ibadah puasa, semoga masyarakat Labuhanbatu dapat melaksanakan ibadah puasa dengan lancar di bulan yang suci ini,” kata Plt Bupati.

Baca juga:Mempererat Silaturahmi dan Momen Meminta Maaf, Warga BSP Lubuk Pakam Gelar Punggahan

Diketahui tradisi punggahan sendiri berasal dari kata munggah yang memiliki arti naik. Maksudnya tradisi ini diharapkan mampu menaikkan derajat manusia dalam menghadapi bulan puasa, baik secara lahir dan batin.

Tradisi itu hingga kini masih dilaksanakan oleh masyarakat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dalam menyambut Ramadhan. Tradisi ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur dan sarana untuk berkumpul bersama masyarakat di sekitar tempat tinggal.

Kegiatan dilanjutkan dengan hiburan dan ramah tamah, sekaligus beraktivitas di pinggir sungai.

Turut hadir, para Asisten, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Camat, pejabat dan staf di lingkungan Pemkab Labuhanbatu, tokoh masyarakat dan hadirin lainnya. (yazis/hm16)

Related Articles

Latest Articles