27.4 C
New York
Friday, May 3, 2024

Kepala BKKBN Sergai: Program Dashat untuk Turunkan Stunting

Sergai, MISTAR.ID

Peluncuran Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat), Desa Pekan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) ditandai dengan pemotongan pita oleh Camat Tanjung Beringin Elmiati. Launching dilaksanakan di kantor desa setempat, Senin (14/11/22).

Kepala Dinas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sergai Helmi NI Sinaga mengatakan, Dashat merupakan program dari Dinas BKKBN Provinsi Sumatera Utara dalam upaya menurunkan angka stunting anak.

Helmi juga mengatakan setiap kecamatan dan setiap desa perlu kearifan lokal dalam mengatasi stunting anak, khususnya di Desa Pekan Tanjung Beringin, umumnya di Kecamatan Tanjung Beringin.

Baca Juga:Sambut Hari Keluarga Berencana, Deputi BKKBN Launching Dapur Sehat Atas Stunting di Sergai

“Untuk Kabupaten Sergai sudah ada 6 desa yang melaksanakan launching Dashat. Kecamatan Tanjung Beringin baru kali ini diadakan launching yaitu di Desa Pekan Tanjung Beringin. Kita berharap nantinya semua desa di Kecamatan Tanjung Beringin bisa melaksanakan program ini,” ucapnya.

Kadis BKKN Sergai juga menyampaikan harapannya agar semua pihak mempunyai rasa peduli serta mau bertanggung jawab terhadap stunting anak di daerah Kecamatan Tanjung Beringin pada umumnya dan Desa Pekan Tanjung Beringin khususnya.

“Harapan saya agar semua pihak baik itu kepala desa, pendamping desa, tokoh masyarakat serta tokoh agama, bisa bertanggung jawab terhadap stunting anak, agar angka stunting bisa menurun,” harapnya.

Baca Juga:Balita Penderita Stunting Di Sergai Turun Jadi 1,3% pada 2021

Dalam kesempatan itu, Helmi juga menjelaskan di Sergai, angka stunting yang paling tinggi adalah Kecamatan Sei Rampah, sedangkan Kecamatan Tanjung Beringin sekitar 68 orang terkena stunting.

Sementara itu Camat Tanjung Beringin Elmiati mengatakan dengan adanya launching Dashat oleh BKKBN Provinsi Sumut di Desa Pekan Tanjung Beringin, merupakan penguatan pemberdayaan kampung KB dalam rangka penurunan angka stunting di Sergai.

Baca Juga:Peringati Harganas Ke-28, Pemkab Sergai Dukung Keluarga Keren Cegah Stunting

Elmiati menyampaikan agar semua stakeholder yang ada di Kecamatan Tanjung Beringin saling bersinergi dalam menurunkan angka stunting, yang saat ini di Kecamatan Tanjung Beringin sudah mengalami penurunan dari angka 70 menjadi 68.

Dia berharap agar Dashat yang sudah ada bisa digunakan oleh keluarga yang berisiko stunting maupun keluarga yang mempunyai anak stunting, guna menurunkan angka stunting, khususnya di Kecamatan Tanjung Beringin. (bobby/hm14)

Related Articles

Latest Articles