6.9 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Kenduri Giling PG Kwala Madu, Dukung Swasembada Gula Nasional

Deli Serdang, MISTAR.ID

Pabrik Gula Kwala Madu, satu dari dua pabrik gula yang berdiri di Sumatera Utara memulai musim giling tebu 2024, Selasa (16/1/24).

Pada tahun ini, pabrik yang dikelola PT Sinergi Gula Nusantara (SGN) itu akan menggiling sekitar 407 ribu ton tebu produksi perkebunan Regional 1 Supporting Co PTPN 1 (eks PTPN 2) yang tersebar di Kabupaten Deli Serdang dan Langkat.

“Kita menghadapi tugas yang cukup berat menyusul keluarnya Perpres Tahun 2023 tentang swasembada gula. SGN dipacu untuk mampu meningkatkan produksi, sehingga target swasembada gula Tahun 2030 bisa dicapai,”kata SEVP OP SGN, Dimas Eko Prasetyo, Selasa (16/1/24).

Dimas Eko Prasetyo menyebut, pihaknya mendorong untuk menghasilkan tebu yang lebih baik. Sehingga mampu menghasilkan gula yang lebih baik untuk kebutuhan masyarakat.”Mudah-mudahan target giling 400 ribu ton dengan rendemen 6,5 persen bisa dicapai. Kalau bisa lebih, akan lebih baik,” harap Dimas.

Baca juga; Tebang Perdana Tebu 2024, Target 407 Ribu Ton

Sementara Region Head Regional 1 Supporting Co PTPN 1, Didik Prasetyo berjanji akan terus berupaya memberikan hasil tebu terbaik untuk diolah di PG Kwala Madu.

“Kami akan terus memperbaiki kualitas tebu. Sehingga hasilnya akan membawa manfaat, tidak hanya bagi perusahaan tetapi juga masyarakat luas,” jelas Didik Prasetyo.

Sedangkan SEVP OP Holding PTPN, Putu Sukarmen menuturkan sebagai pabrik pertama yang memulai giling tebu di lingkungan PTPN grup, Kwala Madu menjadi pioner. Ditargetkan dalam lima bulan ke depan mampu menghasilkan pendapatan antara Rp 400 sampai Rp 500 Miliar.

Pada kesempatan itu juga  dilakukan pelemparan tebu manten ke dalam mesin penggiling sebagai tanda dimulai giling perdana tebu Tahun 2024 di pabrik gula Kwala Madu.

Acara simbolis diawali oleh SEVP OP SGN, Region Head Regional 1 Supporting Co PTPN 1, SEVP OP Holding, GM DTT Gampil Dwi Susanto, GM Kwala Madu dan sejumlah Manajer, kabag dan unsur undangan yang hadir di halaman Pabrik Gula Kwala Madu, Langkat.(sembiring/hm17)

Related Articles

Latest Articles