21.4 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Karang Taruna Miliki Peran Penting dalam Pembangunan Masyarakat

Deli Serdang, MISTAR.ID

Karang Taruna sebagai organisasi kepemudaan Indonesia yang hidup dan berkembang di tengah masyarakat, merupakan wadah pengembangan generasi muda.

“Hal itu atas dasar kesadaran dan rasa tanggungjawab untuk masyarakat khususnya generasi muda di desa, kelurahan atau komunitas sosial sederajat lainnya,” kata Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar ketika menghadiri Temu Karya Karang Taruna Kabupaten Deli Serdang di Green Hill, Kecamatan Sibolangit, Minggu (11/9/22).

Dijelaskan Yusuf Siregar, kehadiran Karang Taruna memiliki peran dalam pembangunan masyarakat. Terutama pada peningkatan potensi dan peran aktif generasi muda dalam pembangunan di bidang kesejahteraan sosial.

Baca juga: Karang Taruna Siap Dilibatkan dalam Program Pemerintah Kota Siantar

Oleh karena itu, Karang Taruna diharapkan mampu mengembangkan serta mencarikan solusi terhadap setiap permasalahan kesejahteraan sosial, perekonomian serta penguatan integritas dan moral anak bangsa.

Terkait pelaksanaan Temu Karya tersebut, Yusuf Siregar menegaskan hal itu penting untuk dilakukan karena bertujuan sebagai media regulasi dan reorientasi kepengurusan sebagai langkah efektif untuk dapat tumbuh dan berkembang serta tetap eksis di masa depan.

“Karena itu, Pemkab Deli Serdang menyambut baik atas terlaksananya Temu Karya Karang Taruna ini. Semoga dengan Temu Karya ini diharapkan bisa menghasilkan pengurus baru yang bisa mengemban amanah dengan baik dan penuh rasa tanggungjawab serta membawa Karang Taruna ke arah lebih baik,” harap Wabup.

Di tempat yang sama, Ketua Karang Taruna Sumatera Utara, Dedy Dermawan menyampaikan, masa pengurusan Karang Taruna Deli Serdang sudah berakhir. Maka dari itu, kekosongan kepemimpinan di daerah harus diisi.

“Temu Karya dilaksanakan bertujuan untuk memilih ketua dan pengurus yang bisa mendorong program-program Karang Taruna dari kabupaten, kecamatan sampai basisnya di desa-kelurahan,” ungkap Dedy Dermawan.

Ditegaskannya, keberadaan Karang Taruna merupakan mitra pemerintah, sebagai sosial kontrol.

Baca juga:Bupati Asahan Berharap Karang Taruna jadi Wadah Masyarakat Mandiri

“Sebagai petugas sosial, dan diandalkan pemerintah sebagai sosial kontrol. Tentunya, perlu menjadi mata telinga pemerintah. Terlebih, Deli Serdang merupakan kabupaten terbesar di Sumatera Utara. Banyak potensi yang bisa dikembangkan,” paparnya.

Turut mendampingi Wabup, Kepala Dinas Sosial, Rudi Akmal Tambunan, Camat Sibolangit Febri F Gurusinga.(rinaldi/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles