25 C
New York
Wednesday, September 18, 2024

Jalinsum Taput -Tapteng Tertimbun Longsor, Lalin Lumpuh 4 Jam

Taput, MISTAR.ID

Tanah longsor menimbun ruas Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) KM 48-38 di Dusun Parsingkaman, Desa Pagaran Lambung I, Kecamatan Adiankotin, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Jumat (15/12/23) dini hari.

Dampak longsor, arus lalu lintas (lalin) dari Kabupaten Taput – Tapanuli Tengah sempat lumpuh sekitar 4 jam. Hal itu dibenarkan Kapolres Taput AKBP Johanson Sianturi melalui Pjs Kapolsek Adiankoting Iptu Harapan Sihombing.

Ia menyebut, sebelum longsor, Taput sedang diguyur hujan deras. Akibatnya arus lalu lintas dari dua arah dari kabupaten Taput menuju Kabupaten Tapteng putus total.

Panjang jalan yang tertimbun tanah longsor diperkirakan mencapai 10 meter. Untuk mengantisipasi kemacetan, malam itu juga polisi bekerja ekstra hingga menahan hujan.

Baca juga: Empat Titik Jalan Tarutung-Sipirok Tertimbun Longsor, Polres Taput Kerja Keras

“Karena tindakan manual untuk penanggulangan sementara tidak mungkin dilakukan, sehingga  berusaha mencari alat berat untuk menanggulangi. Saat itu sekitar 3 KM dari tempat kejadian, ada alat berat milik Balai Besar Badan Jalan Provinsi Sumut yang sedang parkir sehingga dilibatkan bekerja untuk menanggulangi,” ujarnya.

Melalui usaha yang dilakukan, kata Iptu Harapan Sihombing, sekitar pukul 04.00 WIB, badan jalan yang tertimbun tanah longsor pun terkendali dan arus lalu lintas dengan sistem satu arah bisa melintas. (fernando hutasoit/hm17)

Related Articles

Latest Articles