16.8 C
New York
Thursday, May 16, 2024

HM Ali Yusuf Siregar: KMD Langkah Awal Jadi Pembina Pramuka

Deli Serdang, MISTAR.ID

Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar membuka Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) di Pondok Pesantren Mawaridusslam Tahun 2023, Desa Tumpatan Nibung, Kecamatan Batang Kuis, Selasa (19/9/23).

Selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar, mengatakan KMD adalah salah satu upaya dalam meningkatkan pengertian dasar pendidikan serta garis besar cara membina dan mengelola satuan pramuka di gugus depan.

Karena itu, Yusuf Siregar meminta seluruh anggota Pramuka Ponpes Mawaridussalam untuk mengikuti seluruh kegiatan KMD Tahun 2023, dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga: Antisipasi Kenaikan Harga Beras, Pemprov Sumut Intervensi Produksi, Distribusi dan Konsumsi

“KMD ini merupakan langkah awal untuk kelak menjadi Pembina Pramuka. Oleh karenanya, ikuti semua kegiatan dengan saksama. Lakukan interaksi dengan pelatih secara tekun, sehingga apa yang diperoleh di KMD dijadikan bekal untuk membina gugus depan, mengingat gugus depan merupakan kesatuan organik terdepan dalam penyelenggaraan Kepramukaan,” kata Wabup Yusuf Siregar.

Dijelaskan Yusuf, gugus depan bertujuan untuk membina dan mengembangkan sumber daya kaum muda agar menjadi individu dan warga negara yang berkualitas.

Selain itu juga menjadi tempat pengabdian anggota dewasa dalam Gerakan Pramuka guna memberi dukungan bagi pengembangan kaum muda.

“Untuk dapat mewujudkan hal itu, sudah pasti Gerakan Pramuka membutuhkan pembina yang andal dari sisi pengetahuan, keterampilan dan berkarakter,” tegas Wabup.

Baca Juga: Vihara Avalokitesvara Sibolga Dilahap Si Jago Merah

Meski demikian Yusuf tidak menafikan, saat ini gerakan Pramuka masih kekurangan pembina yang memiliki kompetensi dan sertifikasi. Idealnya, seorang Pembina Pramuka membina 10 peserta didik agar tujuan Gerakan Pramuka bisa tercapai.

Sebelumnya, Pimpinan Ponpes Mawaridussalam, Drs KH Syahid Marqum SPdI menyebutkan, KMD merupakan program tahunan di ponpesnya.

“Ini program tahunan Pramuka, sunah pokok yang diikuti para santri. Semoga segala sesuatunya bisa berjalan sesempurna mungkin,” tuturnya. (Rinaldi/hm22)

Related Articles

Latest Articles