20.2 C
New York
Tuesday, June 11, 2024

Gugus Tugas KLA Humbahas Diminta Berkomitmen Dalam Pemenuhan dan Perlindungan Hak-hak Anak

Humbahas, MISTAR.ID

Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) diwakili Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Jaulim Simanullang membuka secara resmi rapat koordinasi (rakor) Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) di Ruang Rapat Perkantoran Bukit Inspirasi Kecamatan Dolok Sanggul, Rabu (5/6/24).

Plh Sekda Humbahas, Jaulim Simanullang meminta agar semua stakeholder/gugus tugas berkomitmen dan bersinergi dalam memenuhi hak-hak anak serta perlindungan terhadap anak.

Gugus Tugas mengkoordinasikan rencana aksi sinkronisasi, mobilisasi, fasilitasi, sosialisasi, edukasi, pemantauan dan pelaporan perwujudan dan penyelenggaraan Kabupaten Layak Anak.

Baca juga : Bupati: Inovasi Gasing Tingkatkan Kompetensi Numerasi Siswa di Humbahas

“Rapat koordinasi yang dilaksanakan hari ini adalah untuk melakukan koordinasi kelembagaan dan lima klaster hak anak antara lain; klaster hak sipil dan kebebasan, klaster lingkungan dan pengasuhan alternatif, klaster kesehatan dasar dan kesejahteraan, klaster pendidikan, pemanfaatan waktu dan kegiatan budaya serta klaster perlindungan khusus anak,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis PMDP2A Humbahas, Maradu Napitupulu menyampaikan tujuan penyelenggaraan Kabupaten Layak Anak (KLA) adalah meningkatkan upaya pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak dan peningkatan sinergitas dan kolaborasi semua pihak, masyarakat, dunia usaha dalam menyelenggarakan Kabupaten Layak Anak.

Baca juga : Bupati Humbahas Berangkatkan Kontingen Cabang Olahraga ke Medan

Pembicara pada kegiatan ini Dosen Fakultas Ilmu Sosial UINSU, sekaligus sebagai Tim independen Assesor nasional evaluasi KLA, M Jailani dan Plt Kabid Pemenuhan Hak Anak dan Peningkatan Kualitas Keluarga Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Sumatera Utara, Drg Syawalina Fitri Sinaga. (sutrisno/hm18)

Related Articles

Latest Articles