11.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Market Day Kurikulum Merdeka di Deli Serdang Disambut Meriah

Deli Serdang, MISTAR.ID

Ada yang berbeda di SD Negeri 101915 Araskabu Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. Sekolah ini seperti di sulap layaknya sebuah pasar dadakan. Berbagai jenis makanan seperti dimsum, nasi lemak, bakso, jeli, piscok, es lumut, bubur kacang hijau, kue dadar dan lainnya dijual di sini. Yah, ternyata SD Negeri 101915 tengah menggelar kegiatan Market Day, Selasa (27/2/24).

Kegiatan Market Day dilakukan oleh beberapa kelompok murid kelas IV, V hingga kelas VI menjadi penjual makanan di standnya masing-masing.

Kegiatan “Market Day” yang belakangan menjadi trend dikalangan sekolah dasar adalah salah satu kegiatan yang berhubungan dengan kewirausahaan dan keuangan.  Dimana dalam kegiatan ini siswa menjadi seorang penjual dan bahkan pembeli juga.

Kepala SD Negeri 101915 Araskabu Darson Sinaga mengatakan kegiatan Market Day serentak diadakan di seluruh SD se Kecamatan Beringin.

Baca juga:SMK Muhammadiyah 5 Kisaran Persiapkan Pers Sekolah Dibimbing PWI Asahan

“Market Day ini yang mengadakan paguyuban para guru dan orang tua murid,” kata Darson.

Kegiatan tersebut bagian dari kurikulum Merdeka. Anak-anak belajar di luar ruangan dengan tujuannya nantinya mempunyai jiwa wira usaha, belajar berhitung jual beli dagangannya, berinteraksi dengan teman atau kelompok serta mempunyai wawasan kebersihan lingkungan.

“Cara membeli menu makanan di Market Day mengunakan kupon bentuk kertas dengan harga 1K (Rp.1000,.) dan 2K (Rp.2000,),” jelas Darson Sinaga.

Harapan saya, lanjut Darson, kegiatan Market Day dapat bermanfaat bagi para guru, anak didik serta orang tua murid.

Salah seorang orang tua murid, Imsakiyah menyambut baik kegiatan Market Day yang diadakan pihak sekolah.

Baca juga:Kemendikbudristek Luncurkan Model Kompetensi Kepala Sekolah

Disebutkan Imsakiyah anaknya kelas VB ikut juga berjualan di lokasi acara.

“Saya mendukung penuh kegiatan Market Day ini. Selain mempunyai jiwa wira usaha, anak anak kami bisa melakukan kegiatan sosial berinteraksi dengan kawannya sesama menjual makanan. Semoga kegiatan ini bisa di lakukan lagi di tahun depan karena banyak manfaatnya,”pintanya.

Kegiatan Market Day juga diisi hiburan tarian daerah dibawakan murid kelas I hingga kelas VI.(sembiring/hm06)

Related Articles

Latest Articles