12.8 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Bupati Deli Serdang: Piala Adipura Bukan Tujuan Akhir

Deli Serdang, MISTAR.ID

Seribuan warga dan petugas kebersihan menghadiri syukuran atas keberhasilan Kota Lubuk Pakam, mendapatkan Piala Adipura ke-17, di Convention Hall Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, Jalan Negara Lubuk Pakam, Kamis (7/3/24).

Acara syukuran tersebut dirangkai dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (BPSN) Tahun 2024 oleh Pemkab Deli Serdang.

Bupati HM Ali Yusuf Siregar mengisahkan dirinya pada tahun 1996, saat masih menjabat Sekretaris Kecamatan Lubuk Pakam, sedangkan Lurah para saat itu adalah Syahdin Setia Budi Pane yang saat ini menjabat Camat Lubuk Pakam.

“Saat itu kami sama-sama mengurusi sampah di mana pertama kalinya Kecamatan Lubuk Pakam mendapat sertifikat Adipura,” kenang Ali Yusuf Siregar.

Baca juga: Ribuan Umat Islam Hadiri Peringatan Isra Mi’raj di Deli Serdang

Ia pun meminta agar penghargaan Adipura ini bisa menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran serta semangat dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Ali Yusuf mengungkapkan, pada tahun 2023 tercatat sampah di Kabupaten Deli Serdang mencapai 411.000 ton lebih.

“Oleh karena itu, hari ini ketika memperingati HSPN tahun 2024, haruslah menjadi momentum pengaruh keutamaan menyelesaikan sampah plastik yang tercermin dalam tema ‘Atasi sampah plastik dengan cara produktif’,” katanya.

Melalui program-program yang sudah dicanangkan pemerintah untuk mengatasi masalah persampahan, seperti Bank Sampah dan lainnya, diharapkan bisa mencapai hasil maksimal dalam mewujudkan komitmen Zero Waste Zero Emission tahun 2050.

Bupati Ali Yusuf juga berpesan agar tidak menjadikan Adipura sebagai sebagai tujuan akhir.

“Justru Kota Lubuk Pakam sebagai ibukota Kabupaten Deli Serdang, pada tahun-tahun berikutnya bisa mencapai prestasi lebih tinggi lagi yakni meraih Adipura Kencana,” katanya.

Sebelumnya Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Elinasari Nasution menjelaskan, tugas pemerintah dalam pengelolaan sampah yang baik dan berwawasan lingkungan, bekerjasama dengan masyarakat sangat berkontribusi terhadap upaya pengurangan emisi gas rumah kaca.

Sehubungan hal itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah menetapkan tema Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2024 dengan tema ‘Atasi sampah plastik dengan cara produktif’.

Adapun maksud dan tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah memperkuat persiapan pemerintah dalam melaksanakan Zero Emission 2050.

Baca juga: Siasat Pemilik Rumah Makan di Deli Serdang Hadapi Kenaikan Harga Beras

Kemudian mendorong peran semua pihak, baik pemerintah daerah produsen dan masyarakat luas untuk mendukung pemenuhan target nasional dalam penurunan emisi gas rumah kaca dalam sektor limbah dan sampah.

Acara dirangkai dengan penyerahan penghargaan untuk Pemilihan Duta Peduli Sampah yang berasal dari sekolah Adiwiyata se-Kabupaten Deli Serdang, penyerahan piagam penghargaan kepada OPD yang berperan aktif dalam pengelola sampah tahun 2023.

Selanjutnya, penyerahan penghargaan kepada perusahaan yang berperan aktif dalam pengelolaan persampahan tahun 2024, penyerahan penghargaan kepada Bank Sampah Unit Kabupaten Deli Serdang, penyerahan kunci rumah layak huni tahun 2023, penyerahan komitmen CSR tahun 2024 dari pelaku usaha kepada Pemkab Deli Serdang yang dirangkaikan dengan tali asih kepada petugas kebersihan Kecamatan Lubuk Pakam.

Terlihat hadir, Forkopimda, anggota DPRD Abdul Rahman dan pejabat lainnya. (Rinaldi/hm22)

Related Articles

Latest Articles