11.8 C
New York
Monday, May 6, 2024

Deli Serdang Ikuti Penilaian Kelurahan Terbaik Tingkat Sumut

Deli Serdang, MISTAR.ID

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan mengatakan selama ini Kabupaten Deli Serdang tidak pernah ikut dalam penilaian kelurahan terbaik tingkat Sumatera Utara (Sumut).

“Tapi tahun kita memberanikan diri untuk ikut penilaian Kelurahan Terbaik Sumut. Apalagi, sejumlah program andalan di Kelurahan Pekan diantaranya bedah rumah yang hingga saat ini terus berlangsung,” kata Ashari Tambunan melalui Staf Ahli Bupati, Hasbi Nasution pada penilaian Kelurahan Terbaik tingkat Sumut di Gedung PKK Kecamatan Lubuk Pakam, Kamis (21/7/22).

Dikatakan Ashari, percepatan pembangunan di Kelurahan Lubuk Pakam Pekan juga ditopang tiga pilar pembangunan terdiri dari pemerintah, masyarakat dan pihak swasta. Bedah rumah tersebut, kata dia, juga ditopang tiga pilar pembangunan.

Baca juga: Tim Penilai Kelurahan Sumut Kunjungi Desa Muliorejo di Deli Serdang

Ketua Tim Penilaian Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Sumut Marjuki menyebutkan
penilaian desa/kelurahan guna penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dan
hasil yang dicapai.

Lurah Lubuk Pakam Pekan, Boby Arianto memaparkan berdasarkan data bahwa dulunya Kelurahan Lubuk Pakan Pekan adalah sebuah kampung yaitu Kampung Pekan yang dipimpin seorang penghulu bernama Noekman Lubis dari tahun 1970-1974. Kemudian pada tahun 1975 Kampung Pekan menjadi kelurahan yang terbagi menjadi 2 kelurahan yakni Kelurahan Lubu Pakam Pekan dan Kelurahan Lubuk Pakam I-II.

Sedangkan jumlah penduduk sebanyak 5.355 jiwa dengan 1.671 KK dimana berdasarkan agama Islam sebanyak 1.739 jiwa, Kristen Protestan 515 jiwa, Kristen Katolik 325 jiwa, Hindu 20 jiwa dan Budha 2.756 jiwa.

Baca juga: Kampung Warna-warni Tigarihit Masuk 50 Desa Wisata Terbaik 2022, Sandiaga Uno: Selamat!

Untuk kondisi ekonomi masyarakat Kelurahan Lubuk Pakam Pekan, tambah Boby secara kasat mata tidak terlihat jelas perbedaannya antara rumah tangga kategori miskin, sedang dan kaya. Ini karena mata pencaharian di sektor usaha berbeda-beda. Sebagian besar di sektor non formal seperti pedagang, wiraswasta, buruh, petani, dan sebagian kecil di sektor formal seperti PNS, honorer, guru, tenaga medis,TNI/Polri.

“Sedangkan penghargaan yang diraih Kelurahan Lubuk Pakam Pekan yakni juara I Kelurahan Terbaik tingkat Kabupaten Deli Serdang tahun 2018, juara II Lingkungan Bersih dan Sehat tahun 2021 dan juara II Hatinya PKK,” papar Boby. (rinaldi/hm09)

Related Articles

Latest Articles