14.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Cegah Covid-19, Dinkes Sumut Bentuk Tim Yankes Gerak

Medan, MISTAR.ID

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara menurunkan tim ke daerah melalui pemberian pelayanan kesehatan (yankes) bergerak. Hal ini dilakukan dalam upaya pencegahan peningkatan Covid-19 di Sumatera Utara. “Tim itu telah diturunkan kemarin untuk pelayanan di Kabupaten Dairi dan Pakpak Bharat,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara drg Ismail Lubis, Selasa (19/7/22).

Dia mengaku, secara simbolis, dirinya bersama Kabid Yankes Dinas Kesehatan Sumut dr Nelly Fitriani telah melepas ke daerah yang ditujukan. “Kemarin sudah kita lepas secara simbolis,” terang dia.

Baca Juga:Pandemi Covid Belum Usai, Dinkes Sumut Edukasi Warga

Dia menyebutkan untuk di Kabupaten Pakpak Bharat tim ini akan difokuskan di Desa Pardomuan dan di Kabupaten Dair di Desa Si Empat Rube IV. “Meski saat ini Kota Medan merupakan wilayah paling tinggi temuan kasus Covid-19, tapi dua kabupaten itu merupakan lokasi fokus dari pusat untuk diberikan pelayanan. Jadi karena ini masih pandemi, maka selain pelayanan kesehatan, kita juga fokus untuk menyampaikan sosialisasi prokes (protokol kesehatan) Covid-19 dan pelayanan kesehatan di sana,” jelasnya.

Adapun pelayanan kesehatan yang diberikan, papar Ismail, di antaranya adalah pelayanan pengobatan umum dan spesialistik dengan sasaran 200 orang. Kemudian pelayanan kesehatan paru atau skrining TB dengan sasaran 50 orang, pelayanan kesehatan mata, serta pelaksanaan laboratorium kesehatan meliputi gula darah, asam urat.

Baca Juga:Dinkes Sumut Tunggu Instruksi Gubsu Soal Kelonggaran Pemakaian Masker

“Kita juga di situ ada kegiatan pemeriksaan kesehatan terhadap anak sekolah (SD dan SMA) meliputi penyuluhan gigi dan mulut, penyuluhan golongan darah, pemeriksaan narkoba, pemeriksaan mata dan pemeriksaan buta warna,” terangnya.

Selain itu, Ismail menambahkan, dalam kesempatan itu para petugas yang turun juga akan akan melakukan pemantauan tubuh kembang balita melalui penimbangan berat badan, dan tinggi badan serta pengukuran LILA (Lingkar Lengan Atas) ibu hamil. “Diharapkan dengan adanya edukasi ini masyarakat bisa menjalankan prokes kembali dan kasus covid-19 terus menurun di Sumatera Utara,” kata dia.(saut/hm15)

Related Articles

Latest Articles