17 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Cegah Anemia dan Stunting, Pemko Tebing Tinggi Gelar Kegiatan Makan Ikan di Kantor Camat

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi melalui Dinas Kesehatan menggelar kegiatan Gerakan Makan Ikan Cegah Anemia dan Stunting, di Kantor Camat Tebing Tinggi Kota, Jumat (6/10/23)/

Plt Administrasi dan Umum M Syah Irwan, yang juga Ketua Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Cabang Tebing Tinggi mengatakan, kegiatan tersebut adalah upaya lintas sektoral dalam pencegahan stunting dan anemia pada ibu hamil sejak dini.

Salah satunya adalah dengan menggiatkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), di mana salah kluster adalah memberikan pangan sehat dan gerakan makan ikan.

Baca Juga: Soal 9 CCTV di Bendungan Sungai Padang Tak Terlihat, Warga: Dulu Ada

“Baik stunting maupun anemia, kedua kondisi ini sebenarnya bisa kita cegah dan kita intervensi status gizinya. Saya minta agar intervensi dan pencegahan tidak hanya dilakukan oleh sektor kesehatan tapi juga oleh lintas sektor,” kata Syah Irwan yang hadir mewakili Penjabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi, Syarmadani.

Pada kesempatan itu, Syah Irwan juga mengimbau masyarakat, khususnya ibu hamil agar membudayakan GERMAS dalam kehidupan sehari-hari, seperti melakukan aktifitas fisik, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, cek kesehatan berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban.

Baca Juga: 87 Desa di Toba akan Gelar Pilkades Serentak, Bupati: Jangan Ada Ujaran Kebencian

“Saya harap kegiatan ini bukan sekedar acara seremonial, tetapi haruslah menjadi budaya dan kebiasaan konsumsi kita sehari-hari,” pungkasnya.

Kegiatan juga dirangkai dengan melakukan pengecekan kesehatan berupa cek asam urat dan kadar gula darah serta pemberian susu bagi ibu hamil dan senam bersama. (Nazli/hm22)

Related Articles

Latest Articles