12.9 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

87 Desa di Toba akan Gelar Pilkades Serentak, Bupati: Jangan Ada Ujaran Kebencian

Toba, MISTAR.ID

Sebanyak 87 desa di 16 kecamatan se-Kabupaten Toba akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 19 Oktober 2023. Dalam kontestasi ini, sebanyak 233 calon akan bertarung menjadi kepala desa (kades).

Seluruh calon kades menandatangani Deklarasi Damai pelaksanaan Pilkades Serentak Kabupaten Toba 2023 di Balai Pendopo rumah dinas Bupati Toba, Jumat (6/10/23) sekira pukul 14.00 Wib.

Ditemui Mistar seusai deklarasi damai, Bupati Toba Poltak Sitorus berharap, seluruh calon bisa bersikap sesuai aturan yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Pemuda di Toba Gantung Diri, Nekat Akhiri Hidup Gara-gara Tak Diberi Pacar Pinjam Uang

“Kita lihat semua calon-calon kepala desa sangat antusias untuk menjalankan pilkades ini dengan damai. Saya harap mereka menjalankan sesuai aturan yang telah ditetapkan dan tidak menebarkan kata-kata ujaran kebencian yang dapat menyebabkan perpecahan,” katanya di Balai Pendopo rumah dinas bupati, Jumat (6/10/23) sekira pukul 16.30 Wib.

Ia berharap, siapapun calon kepala desa, baik yang menang maupun yang kalah harus bersukacita dan harus sama-sama mendukung.

“Karena kapan pun di desa itu semua pasti ketemu, berkomunikasi satu sama lain. Jadi jangan karena pilkades ini terjadi perpecahan atau menambah musuh, jadi harus bersahabat,” kata dia.

Dengan deklarasi bersama ini, Bupati Poltak berharap pelaksanaan pilkades nanti bisa berjalan dengan damai.

“Semua kepala desa nantinya harus serius dalam membangun desanya masing-masing,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Toba, AKBP Taufiq Hidayat Thayeb mengatakan, untuk persiapan pengamanan pilkades nanti pihaknya telah melakukan cooling system pada masyarakat.

Baca Juga: Pilkades Serentak Gelombang Pertama di Pakpak Bharat Digelar

“Jadi, Polres Toba sudah persiapkan pengamanan secara edukasi, sosialisasi dan cooling system. Kita ini sama-sama dari Kabupaten Toba, mari kita jadikan pesta demokrasi ini dengan tidak ada kebencian satu sama lain,” harapnya.

Taufiq menambahkan, kepolisian dan TNI juga bahu membahu dalam menjaga keamanan saat pelaksanaan pilkades.

“Bakal ada juga BKO dari Poldasu. Hari Senin saya akan ke Polda [Sumut] untuk memaparkan persiapan daripada pengamanan pilkades di Kabupaten Toba,” jelasnya.

“Untuk personel, kami dibantu TNI, Satpol-PP dan juga Linmas dan ini akan tersebar di mana-mana. Tidak perlu disebutkan berapa jumlah personelnya, yang penting kami siap mengamankan,” pungkasnya. (Hotman/hm22)

Related Articles

Latest Articles