13.2 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Buruh dan Pengusaha Berbagi Keceriaan di Hari Buruh

Medan, MISTAR.ID

Momen peringatan Hari Buruh 1 Mei 2021 di Sumut diwarnai aksi berbagi keceriaan antara para serikat buruh/serikat pekerja, pengusaha serta pemerintah. Peringatan May Day diwarnai kegiatan berbagi hadiah serta beras kepada para anggota serikat buruh/serikat pekerja.

Dalam kesempatan ini, Gubsu Edy Rahmayadi meminta para buruh untuk selalu mendukung setiap kebijakan gubernur demi pembangunan Sumut yang berkelanjutan. Gubernur menyebut dirinya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari rakyat, salah satunya unsur buruh.

Hal ini dikatakan Edy dalam sambutannya di Peringatan Hari Buruh 1 Mei yang diselenggarakan oleh serikat buruh/serikat pekerja, pengusaha serta Pemerintah Provinsi Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Sabtu (1/5/21).

Baca juga: Jokowi: Buruh Aset Besar Bangsa!

“Saya ini meskipun di satu sisi sebagai penguasa karena saya gubernur tapi saya juga adalah bagian dari rakyat Sumatera Utara. Sama seperti kalian. Jadi saya ingin kalian juga ikut memberikan sumbangsih pikiran dan saran untuk Sumatera Utara yang kita cintai, ” kata Gubsu Edy. Ke depan, Gubernur Edy Rahmayadi meminta momen peringatan Hari Buruh atau ‘May Day’ dibuat dengan lebih bermartabat tak hanya sekedar aksi demo turun ke jalan.

Tapi Gubsu ingin ada kegiatan seperti serasehan, dialog atau seminar yang bertemakan soal peningkatan skill, keahlian serta sumberdaya manusia (SDM) para buruh termasuk juga aturan terkait penyelesaian hubungan sengketa antara buruh dan pengusaha yang harus punya aturan dan jalan keluar yang jelas.

“Semua ini harus tertib, pengusaha ada bisa duduk bersama dengan buruh. Semua kita harus bergandengan tangan. Sumut ini butuh banyak pikiran tak cukup hanya sekedar demo. Untuk apa demo kalau tak ada tujuan. Lebih bagus kita duduk bersama ada penguasa, ada pengusaha ada buruh. Kalau kita tertib. Maju Sumatera Utara kita ini, ” papar Gubsu Edy.

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja Provsu Baharuddin Siagian menambahkan peringatan Hari Buruh atau May Day 2021 ini digelar sebagai bentuk sinergi dan inovasi Sumatera Utara untuk membangun Sumut bermartabat.

Baca juga: Jokowi: Buruh Aset Besar Bangsa!

“Sengaja kita ambil tagline ‘May Day Recover Together’ sebagai penghormatan pada buruh dengan saling bergandeng tangan di tengah suasana pandemi ini agar kita bisa bangkit bersama sehingga Sumut kembali pulih dan ekonomi kembali bangkit, ” kata Bahar.

Bahar berharap momen May Day saat Ramadhan ini bisa menjadi hari baik untuk saling bersilaturahmi dengan para buruh, pengusaha dan pihak-pihak ketenagakerjaan. “Terakhir atas nama pemerintah Sumut sesuai surat edaran Gubernur kami ingatkan agar membayarkan THR pada H-7 nanti, ” tutup Bahar. (iskandar/hm09)

Related Articles

Latest Articles