28.3 C
New York
Monday, June 24, 2024

BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasikan ‘Aktivasi Pasar Kerja Keras Bebas Cemas’ di Pasar Ucok Kodok Padangsidimpuan

Padangsidimpuan, MISTAR.ID

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padangsidimpuan menyelenggarakan sosialisasi “Aktivasi Pasar Kerja Keras Bebas Cemas ” di Pasar Ucok Kodok Kota Padangsidimpuan, Kamis (21/12/2023).

Aktivasi Pasar untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat, terutama pedagang atau pelaku ekonomi sektor informal mengenai manfaat program BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padangsidimpuan Eris Aprianto menyampaikan kegiatan aktivasi pasar ini merupakan dukungan kampanye kerja keras bebas cemas BPJS Ketenagakerjaan yang dilakukan di pasar.

“Kegiatan aktivasi pasar hari ini dilakukan untuk meningkatkan Literasi masyarakat pekerja tentang jaminan sosial ketenagakerjaan khususnya pada pedagang pasar di pasar Ucok Kodong Padangsidimpuan” ungkap Eris.

Baca juga: Kepala BPJamsostek Padangsidimpuan Temui Sekda Nias Selatan

Kegiatan aktivasi pasar yang dilakukan yaitu pendaftaran langsung dengan Iuran mulai dari 16.800 per bulan sampai mendapatkan kartu BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu ada juga pemberian souvenir, kuis berupa hadiah voucher belanja senilai 100.000 rupiah.

Antusiasme dari para pekerja BPU seperti pedagang, penjual daging, penjual sayur dan lainnya datang ke booth BPJS Ketenagakerjaan untuk melakukan pendaftaran. Bagi yang sudah mendaftar mendapat perlindungan paripurna BPJamsostek dari saat ini yaitu berupa perawatan sampai sembuh ketika terjadi kecelakaan kerja dan santunan kematian senilai Rp42 juta.

Dengan mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, Pekerja informal seperti pedagang pasar akan “Dagang Lebih Tenang”. Selain akan mendapatkan banyak manfaat, risiko pekerja saat bekerja akan lebih terjamin, karena memiliki jaminan kematian.

Baca juga; BPJamsostek Padangsidimpuan Beri Penghargaan Kepada 6 KDH

Selain itu kegiatan aktivasi pasar juga dilakukan live report oleh radio RAU FM. Masyarakat Kota Padangsidimpuan masih banyak menggunakan perangkat radio untuk mendengarkan informasi sehingga adanya RAU FM yang ikut melakukan penyiaran langsung kegiatan aktivasi pasar dapat mendengar langsung di rumah.

“Adanya live report yang dilakukan oleh radio RAU FM tentu sangat berdampak dengan banyaknya masyarakat yang datang ke booth BPJS Ketenagakerjaan dan juga dapat didengar oleh pendengar radio di rumah” Ucap Eris.

Eris menambahkan BPJS Ketenagakerjaan ingin memastikan seluruh pekerja Indonesia sejahtera, mereka dapat bekerja secara keras dan optimal risiko yang mungkin timbul dari pekerjaan dapat diminimalisir sedini mungkin.

“harapannya kegiatan aktivasi pasar ini akan dilanjutkan pada tahun depan karena aktivasi pasar merupakan bentuk komitmen BPJS ketenagaKerjaan dalam memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat khususnya pedagang dan pekerja informal lainya” harap Eris. (ril/hm17)

Related Articles

Latest Articles