6.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

BMKG Imbau Waspada Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang di Wilayah Ini

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan kembali mengeluarkan peringatan dini agar mewaspadai potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang untuk beberapa wilayah di Sumatera Utara (Sumut), Minggu (4/9/22).

“Kondisi itu diperkirakan terjadi di wilayah pegunungan, lereng timur dan pantai timur Sumatera yang dapat berpotensi mengakibatkan longsor dan banjir,” ujar Kepala BMKG wilayah I Medan Hendro Nugroho melalui Prakirawannya Nora Sinaga.

Pagi hari Sumut mayoritas berawan. Siang hari hujan intensitas ringan hingga sedang berpotensi terjadi di Langkat, Medan, Binjai, Deli Serdang, Karo, Dairi, Kepulauan Nias, Tapanuli Utara, Simalungun, Samosir, Tapanuli Tengah dan Humbang Hasundutan (Humbahas).

Baca Juga:BMKG Prakirakan Sejumlah Kota Besar di Indonesia Diguyur Hujan

Malam harinya, BMKG wilayah I Medan memprediksi hujan ringan hingga lebat akan kembali mengguyur Langkat, Medan, Binjai, Deli Serdang, Karo, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Simalungun, Asahan, Batu Bara, Labusel, Labuhanbatu dan Labura.

“Hujan akan berlanjut pada dini hari nanti, diprediksi terjadi di Langkat, Medan, Binjai, Deli Serdang, Labusel, Labuhanbatu, Labura dan Asahan,” sebutnya.

Baca Juga:Hujan Tak Teratur di Sumut Khususnya Medan, BMKG Ungkap Penyebabnya

Nora menyebutkan, suhu udara Sumut hari ini berada pada kisaran 17.0-34.0⁰ C. Kelembaban udara 60-95%, sementara angin yang bertiup dari Barat Daya ke Barat Laut berkekuatan 5-30 km/jam.

“Tidak ada titik panas (hotspot) yang terdeteksi di Sumut hari ini berdasarkan pantauan satelit kita,” pungkasnya. (ial/hm14)

Related Articles

Latest Articles