9.1 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Perayaan Thaipusam Buktikan Toleransi Beragama di Kota Binjai

Binjai, MISTAR.ID

Wali Kota Binjai Drs. H. Amir Hamzah dan wakil wali kota, H. Rizky Yunanda Sitepumenghadiri upacara Maha Puja Thaipusam ke 144 tahun di Kuil Shri Mariamman Binjai, Jum’at malam(26/1).

Perayaan Thaipusam ini merupakan ritual Umat Hindu dalam rangka menghormati Dewa Murugan atau Dewa Subramaniam. Tradisi ini juga terkait dengan iman, ketekunan, dan penebusan dosa.

Dalam sambutannya, Wali Kota Binjai menyampaikan dukungannya terhadap acara tersebut. Dirinya juga mengungkapkan bahwa toleransi beragama di Kota Binjai sangat kuat, terbukti dengan meriahnya acara Perayaan Maha Puja Thaipusam yang turut dihadiri oleh seluruh unsur Forkopimda, tokoh agama, tokoh etnis, dan tokoh masyarakat Kota Binjai.

Baca juga: Kejari Binjai Musnahkan Barang Bukti Tindak Pidana Umum

“Saya atas nama Pemerintah Kota Binjai mendukung penuh atas terlaksananya berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan Maha Puja Thaipusam ini,” ujar Walikota Binjai.

Dirinya menambahkan Pemerintah Kota Binjai sangat terbuka untuk berkolaborasi, sebab hal tersebut sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kota Binjai untuk membangkitkan etnis yang berbudaya di Kota Binjai.

“Melalui perayaan Thaipusam ini pula, saya juga mengajak seluruh umat Hindu yang ada di kota Binjai untuk mendukung program pemerintah dengan mewujudkan Binjai yang lebih maju, berbudaya dan religius,” ujarnya.

Ketua Panitia Penyelenggara Perayaan Maha Puja Thaipusam Ke-144 tahun dr. Nehru M.Kes. menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemko Binjai beserta unsur Forkopimda yang telah mendukung keberlangsungan acara tersebut.
“Pada kesempatan ini juga Kami mengucapkan terimakasih atas dukungan yang diberikan terhadap proses pembangunan dan renovasi Kuil Shri Mariamman Kota Binjai” ujar Nehru.

Baca juga: Wali Kota Binjai Dorong OPD Tingkatkan Pelayanan Publik

Upacara ini kemudian dilanjutkan dengan arak-arakan kereta kencana menggunakan dua ekor sapi keliling Kota Binjai. Arak-arakan kereta kencana diiringi oleh reog ponorogo, barongsai dan lagu-lagu pujian di sepanjang perjalanan.

Tampak hadir Wakapolres Binjai Kompol RD Firman Darwin, Pembimbing Masyarakat Hindu Sumatera Utara Eli Rosa Tarigan, Ketua DPD Prajaniti Sumatera Utara Matha Riswan, Kepala Staf Kodim 0203/Lkt Mayor Inf Abner Bangun, Kepala Dinas Pariwisata Kota Binjai Ismail, Kaban Kesbangpol Kota Binjai Drs. Ruslianto, Asisten I Pemko Binjai Aldi Agustian, Ketua FKUB Kota Binjai Drs. H. M. Nasir, Ketua ICMI Binjai Ir. Edi Aswari Fahmi, Camat Binjai Kota Musya Ma’aruf Lubis.(endang/hm17)

Related Articles

Latest Articles