18.6 C
New York
Monday, April 29, 2024

BI Sumut Bakal Siapkan 172 ATM, Money Changer dan QRIS di Event F1H2O

Medan, MISTAR.ID

Sebagai bentuk partisipasi mendukung kesuksesan F12HO atau F1 Powerboat yang akan digelar pada 24-26 Februari 2023 mendatang di Balige, Kabupaten Toba.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara telah mempersiapkan sistem pembayaran baik melalui ATM, Monet Changer, QRIS dan Kas Keliling.

“Akan ada sebanyak 172 ATM. Lalu ada money changer, kas keliling yang akan dipersiapkan oleh BI Sumut untuk mendukung sistem pembayaran. Saat ini yang sudah tersedia da 3 yang ATM, Kupva atau money changer serta menyediakan QRIS bagi merchant UMKM,” kata Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Azka Subhan pada wartawan, Rabu (25/1/23).

Baca Juga:Sukseskan F1H20 di Danau Toba, Polisi Gotong Royong di Perbatasan

Hingga saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan perbankan di wilayah Sumut untuk menyedikan ATM dan money changer disana dan juga memperluaskan implementasi QRIS.

“Tetapi memang setiap bank memiliki ukuran dalam penambahan ATM sesuai dengan skala ekonomi, tetapi dalam rangka event ini kita membantu 3 hal tersebut untuk kesuksesan F1H20,” tambahnya.

Ia menyampaikan BI Sumut telah berkoordinasi dengan enam bank yang sudah masuk kedalam kepanitiaan F1H20 mulai dari Bank Himbara, Bank Sumut dan Bank BCA.

Adapun persiapan tersebut mulai dari penyediaan 172 ATM di kawasan Toba dan 41 ATM di Balige, lalu penambahan ketersediaan Mobile ATM hingga penukaran uang asing.

“Tak hanya itu, untuk ketersediaan uang tunai agar berjalan lancar, BI Sumut juga telah berkoordinasi untuk penukaran uang asing yang berada di ring satu dan berada di lokasi hotel. Kami juga mengimbau agar memperluas QRIS di kawasan Toba khusunya Balige,” tambahnya.

Selain kepada perbankan, BI Sumut juga menyediakan kas keliling baik dalam kota. Dan untuk kas keliling luar kota Bi Sumut bekerjasama dengan BPR dan Kantor Pos di wilayah tersebut. (anita/hm12)

Related Articles

Latest Articles