22.9 C
New York
Monday, May 27, 2024

Berikut Prakiraan Cuaca Sumut Hari Ini

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan merilis prakiraan cuaca Sumatera Utara (Sumut) sepanjang, Senin (17/5/21).

Plt Kepala BMKG I Medan Eridawati melalui prakirawannya menyebut, untuk pagi hari cuaca berawan dan hujan ringan berpotensi terjadi di Kepulauan Nias, pegunungan, dan sebagian Pantai Barat Sumatera Utara.

“Siang hari hujan ringan hingga sedang berpeluang terjadi di pegunungan, lereng barat, pantai barat, dan lereng timur Sumatera Utara,” ujarnya. Dikatakannya, sore hingga malam hari seluruh wilayah Sumatera Utara berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga deras disertai petir.

Baca Juga: BMKG Prediksi Provinsi yang Berpotensi Alami Hujan Deras

Sementara, dini hari nanti cuaca berawan dan hujan ringan berpotensi terjadi di Kepulauan Nias. “Peringatan dini waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian wilayah pegunungan, lereng barat, pantai barat, wilayah Sumatera Utara,” ungkapnya.

Disebutkan, sepanjang hari ini suhu udara wilayah Sumatera Utara berada pada 24.0 – 32⁰C dan kelembaban udara di titik 60-95%. Sementara, tiupan angin Barat Daya memgarah ke Barat Laut berkekuatan 5-30 Km/jam.

Untuk prakiraan gelombang laut, wilayah Samudera Hindia Barat Aceh dan Samudera Hindia Barat Nias berketinggian 2,5-4 meter. Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh, Perairan Meulaboh–Sinabang, Perairan Nias–Sibolga masuk dalam kategori sedang (1,25–2,5 meter). “Tidak ada titik panas (hotspot) yang terpantau hari ini di wilayah Sumatera Utara,” jelasnya.(ial/hm10)

Related Articles

Latest Articles