17.9 C
New York
Sunday, June 16, 2024

Pemkab Taput Raih WTP ke 10 dari BPK RI

Taput, MISTAR.ID

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Utara (Taput) kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yang ke 10 kalinya.

Perolehan WTP ke 10 kalinya ini dimulai pertama kali pada tahun 2014 di masa kepemimpinan Bupati Tapanuli Utara dua Periode, Dr Nikson Nababan sejak menjabat tahun 2014-2024 sebagai Bupati hingga berhasil membuat Kabupaten Tapanuli Utara menjadi yang pertama menerima WTP  10 kali berturut-turut dari seluruh Kabupaten Kota se-Sumatera Utara (Sumut).

Laporan LHP terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara tahun 2023 tersebut diserahkan langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumut Eydu Oktain Panjaitan dan diterima langsung oleh Penjabat Bupati Taput Dr Dimposma Sihombing didampingi Wakil Ketua DPRD Taput Fatima Hutabarat dalam suatu proses berlangsung di Auditorium gedung BPK Perwakilan Provinsi Sumut, Sabtu (25/5/24).

Baca juga : Pemkab Samosir Raih WTP dari BPK RI Tujuh Kali Berturut-turut

Pencapaian ini adalah menandai tahun kesepuluh berturut-turut Kabupaten Taput menerima opini WTP atas laporan keuangan, sebuah prestasi yang mencerminkan pengelolaan keuangan daerah yang baik dan akuntabel.

Penjabat Bupati Taput Dr Dimposma Sihombing menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran BPK RI perwakilan Sumut secara khusus kepada Tim Audit yang telah melakukan audit rinci di Kabupaten Tapanuli Utara.

“Kami sangat berterima kasih kepada BPK RI Perwakilan Sumatera Utara yang telah memberikan penilaian terhadap pelaksanaan APBD serta laporan keuangan Pemkab Tapanuli Utara dengan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian yang ke 10 secara berturut-turut,” ucapnya.

Baca juga : Empat Kali Beruntun, Pemko Medan Raih Opini WTP

Ia juga memberikan apresiasi dan menyampaikan terimakasih kepada para pejabat dan seluruh ASN yang ada di semua OPD dan peran seluruh elemen masyarakat yang telah terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam pelaporan keuangan Pemkab Tapanuli Utara.

“Terima kasih atas kinerja seluruh jajaran Perangkat Daerah Kabupaten Tapanuli Utara dan peran seluruh elemen masyarakat dalam prestasi yang diraih ini. Opini WTP dari BPK RI ini menjadi bukti bahwa pengelolaan Keuangan di jajaran Pemkab Tapanuli Utara telah memenuhi standar dan berjalan dengan baik sesuai dengan prinsip prinsip tata kelola yang baik dan benar,” tandasnya. (pembela/hm18)

Related Articles

Latest Articles