18.2 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Berikut Prakiraan Cuaca di Sumut Hari Ini

Medan, MISTAR.ID

Sebagain wilayah di Sumatera Utara (Sumut) diperkirakan masih akan dilanda hujan hari ini, Sabtu (17/12/22). Hujan diprediksi akan terjadi pada sore, malam dan berlanjut hingga dini hari.

Kepala BMKG wilayah I Medan Hendro Nugroho melalui Prakirawannya Lestari I Purba mengatakan, pagi hari hampir seluruh wilayah di Sumut berawan.

“Siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga deras di daerah Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbahas, Samosir dan Tapteng,” ujarnya.

Baca Juga:BMKG Prakirakan Sebagian Besar Wilayah Indonesia Berawan Hari Ini

Untuk malam hari, kata Irene, hujan ringan hingga deras diperkirakan juga akan terjadi di Langkat, Binjai, Deli Serdang, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Samosir, Tapanuli Tengah dan Tapanuli Utara.

“Termasuk Asahan, Toba, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan dan sekitarnya,” ungkapnya.

Selanjutnya, pada dini hari nanti hujan ringan diperkirakan akan terjadi di wilayah Kepulauan Nias. Adapun suhu udara di Sumut hari ini berada pada kisaran 18.0 – 32.0⁰ C.

Baca Juga:Gempa Cianjur, BMKG: Daerah Rawan Sejak Zaman Belanda

“Kelembaban udara 65 – 98%, angin yang bertiup dari barat ke timur laut berkekuatan 10 – 30 km/jam,” ucapnya.

Irene mengatakan, BMKG wilayah I Medan juga mengingatkan untuk mewaspadai potensi hujan deras di wilayah lereng timur, pantai timur dan pegunungan Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

“Untuk titik panas (hotspot) tidak ada terdeteksi hari ini,” pungkasnya.(ial/hm10)

Related Articles

Latest Articles