12.8 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Limbah yang Cemari Sungai Bacang Berasal dari PT SBE

Batu Bara, MISTAR.ID

Plt Kepala Dinas (Kadis) Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Kabupaten Batu Bara Landi Aprianto mengatakan, berdasarkan pemeriksaan lapangan, ternyata penyebab tercemarnya Sungai Bacang di Kecamatan Sei Balai berasal dari PT SBE Sei Balai.

Penjelasan tersebut disampaikan setelah pihaknya bersama Gakkum Balai Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI serta Kanit Tipidter Polres Batu Bara Ipda Doni Irawan melakukan pengecekan tembok limbah yang rubuh serta mengambil sampel limbah, Kamis (21/3/24) sore.

“Ini merupakan tahapan dari hasil pemeriksaan di lapangan sebelumnya tentang tercemarnya lingkungan lahan pertanian hingga aliran sungai,” ujar Landi.

Dari hasil pengecekan sempel limbah yang dilakukan UPTD Laboratorium Lingkungan, Landi membenarkan penyebab tercemarnya air Sungai Bacang yang berubah warna hitam dan berbau. Kondisi tersebut menyebabkan pencemaran sungai hingga ikan ikan mati dan lahan pertanian rusak.

“Itu merupakan dampak tumpahnya limbah dari tembok perusahaan yang rubuh,” ucapnya.

Baca Juga : Hitam dan Keluarkan Aroma Tak Sedap, Air Sungai Bacang Diduga Tercemar Limbah Pabrik

Adapun ikan-ikan yang mati terparah berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Sei Balai. Sedangkan lahan pertanian padi yang rusak merupakan dampak tumpahnya limbah
berada di Desa Sidomulyo dan Desa Kuala Sikasim, Kecamatan Sei Balai.

Dengan kondisi tersebut, Landi mengatakan pihaknya telah melakukan penutupan sementara perusahaan PT SBE yang merupakan pabrik pengolahan singkong menjadi tapioka dan gas tersebut. (ebson/hm24)

Related Articles

Latest Articles