8 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Hitam dan Keluarkan Aroma Tak Sedap, Air Sungai Bacang Diduga Tercemar Limbah Pabrik

Batu Bara, MISTAR.ID

Air Sungai Bacang di Desa Sidomulyo dan Desa Kuala Sikasim, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batu Bara tampak berwarna kehitaman. Selain warnanya yang berubah hitam, air sungai juga mengeluarkan aroma tidak sedap.

Camat Sei Balai, Wali Wala Sagala langsung turun ke lokasi begitu mendapat laporan warga terkait perubahan warna air sungai tersebut, Rabu (20/3/24). Camat kemudian melakukan penelusuran ke hulu sungai dengan menumpang perahu nelayan.

Dari hasil penelusuran, Camat menemukan sumber air bewarna hitam tersebut berasal dari salah satu aliran drainase dimana terdapat sejumlah pabrik di bagian hulunya. “Sumber air berwarna kehitaman berasal dari salah satu aliran drainase dimana terdapat sejumlah pabrik di bagian hulunya,” ujarnya.

Baca Juga : Sungai Padang Tebing Tercemar, Potongan Pohon Bambu dan Sampah Mengambang

Salah seorang warga, Wagi (52) mengatakan, perubahan air sungai sudah terjadi sejak beberapa hari lalu. Perubahan air sungai itu sempat membuat banyak ikan mati, sehingga menguatkan dugaan sungai tercemar limbah.

Pengamatan di lapangan, air dari aliran Sungai Bacang yang diduga berisi limpahan limbah mengalir ke sungai Kuala Sikasim, Mekar Baru dan terus ke sungai Sido Mulia Titi Bajang.

Camat mengatakan akan melaporkan kondisi tersebut ke Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup Kabupaten Batu Bara guna pengecekan kadar limbah air sungai. (ebson/hm24)

Related Articles

Latest Articles