12.8 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Terkait Kondisi Infrastruktur Jalan Provinsi, DPRD Sumut Bakal Panggil Kadis PUPR

Medan, MISTAR.ID

Dalam menyambut Hari Raya lebaran yang semakin dekat, kondisi infrastruktur jalan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) masih menjadi perhatian serius.

Dinas Perhubungan (Dishub) Sumut dan Polda Sumut bersama instansi terkait telah melakukan survei kesiapan infrastruktur jalan pada 22-26 Februari 2024. Hasil survei tersebut mengungkapkan adanya 92 titik potensial masalah yang perlu segera ditangani.

Dari 92 titik masalah tersebut, Dishub Sumut merinci bahwa 62 persen berada di ruas jalan kabupaten/kota, 30 persen di ruas jalan provinsi, dan 8 persen di ruas jalan nasional. Masalah yang ditemui meliputi rawan kecelakaan, rawan kemacetan, dan kerusakan jalan.

Baca juga : Dukung Jalan Tol Gratis, Ruas Jalan Provinsi Sumut Dipastikan Mulus Sebelum Lebaran

Tim survei juga mengidentifikasi berbagai penyebab masalah, termasuk kekurangan fasilitas keselamatan seperti rambu jalan, kendala hambatan samping, longsor, jalan rusak, dan perlintasan sebidang.

Menyikapi temuan itu, Anggota DPRD Sumut Komisi D, Viktor Silaen mengatakan selama ini mereka telah berulang kali mendesak Pemprov Sumut agar menuntaskan pekerjaan pembangunan jalan provinsi.

“Sudah bolak balik kita desak, tapi gak dikerjakan juga. Proyek dinas PUPR kita pun tak selesai-selesai,” ujarnya saat dihubungi lewat sambungan telepon, Kamis (21/3/24).

Related Articles

Latest Articles