10.8 C
New York
Monday, May 6, 2024

Video Petugas PPK Diduga Manipulasi Perhitungan Suara, Bawaslu Medan Angkat Bicara

Medan, MISTAR.ID

Video seorang oknum PPK Kecamatan Medan Johor yang diduga tengah mengembalikan perolehan suara saat perhitungan viral di medias sosial (medsos). Diketahui, peristiwa itu terjadi di tempat pemungutan suara (TPS) 05 dan 07 Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor.

“Lantaran saksi protes, suara dikembalikan dan disesuaikan lagi. Dari calon legislatif (caleg) Golkar. Bahkan bukan hanya caleg, beberapa perolehan partai juga dipindah diduga atas perintah oknum caleg Golkar tersebut,” ucap seorang saksi di lokasi.

Menanggapi hal itu, Komisioner Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Infornasi Bawaslu Kota Medan, Fachril Syahputra saat dikonfirmasi mistar.id mengatakan, sudah mengkroscek ke Panwas setempat.

“Sudah selesai permasalahannya, suaranya sudah disesuaikan kembali,” ucapnya, Kamis (29/2/24).

Baca juga: 415 Kotak Suara dari Kantor PPK Bandar Khalipah Dikawal Polisi

Saat disinggung bagaimana kelanjutan permasalahan tersebut, Fachril mengaku bahwa wewenang pihaknya untuk menyelesaikannya permasalahan tersebut.

“Kalau memang ada dugaan manipulasi data, tentu KPU Medan yang berkewenangan menindak oknum PPK tersebut. Yang jelas kita hanya dalam dugaan manipulasi suara tersebut,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, Mutia Atiqah saat dikonfirmasi Mistar mengaku bahwa sampai saat ini pihaknya belum ada menerima laporan dari PPK Medan Johor terkait adanya peristiwa tersebut.

“Justru saya tahunya dari rekan-rekan media, ketua PPK nya belum ada laporan ke saya mengenai permasalahan ini,” ucapnya.

Related Articles

Latest Articles