12.7 C
New York
Monday, May 13, 2024

Terjadi di TPS Raya Huluan Simalungun, Surat Suara Dapil 2 Terselip ke Dapil 1

Simalungun, MISTAR.ID

Sejumlah warga sempat kebingungan ketika hendak melaksanakan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 001 Nagori Raya Huluan, Kecamatan Dolok Masagal, Kabupaten Simalungun. Hal itu lantaran adanya surat suara daerah pemilihan lain yang terselip ke wilayah tersebut.

Meski sempat tertunda beberapa saat, kejadian itu akhirnya bisa diatasi. Peristiwa itupun terjadi pada TPS 001 Nagori Raya Huluan, Kecamatan Dolog Masagal. Bahkan beberapa ketua partai politik (Parpol) di Simalungun juga mengetahui kabar itu.

Sementara itu, Camat Dolok Masagal Jon Deyrasman Saragih yang dikonfirmasi Kamis (15/2/24), membenarnya adanya surat suara yang terselip ke dapip lain dan sudah teratasi. Hal ini pun telah dilaporkan ke KPU Simalungun.

Baca juga: Hasil Quick Count, Diperkirakan 10 Partai Gagal Menuju Senayan

“Yang terjadi kertas suara dari Dapil 2 terselip ke Dapil 1. Tapi belum sempat dipergunakan dan oleh PPK sudah dilaporkan ke KPU semalam,” ungkap Jon Deyrasman lagi.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Dolok Masagal Wahyudi Saragih juga turut membenarkan kejadian surat suara yang terselip dari dapil 1 ke dapil 2.

“Di TPS 1 kejadiannya. Jadi begitu dibuka sampul terdapat surat suara Dapil 2, harusnya Dapil 1. Tapi tidak sempat digunakan dan langsung dipisahkan,” ungkap Wahyudi.

Baca juga: KPU Putuskan 2 TPS di Medan Lakukan Pemungutan Suara Ulang

Lanjut Wahyudi lagi, jumlah surat suara untuk TPS 001 Nagori Raya Huluan sesuai dengan jumlah DPT dan ditambah 2 persen. “Jadi pemilih tidak sampai 100 persen dan hanya 70 persen saja yang hadir,” ucapnya.

Terpisah, Ketua KPU Simalungun Septian Johan Pradana turut membenarkan adanya surat suara yang terselip dari Dapil 2 ke Dapil 1. “Benar, nanti saya kabari, masih zoom,” pungkasnya. (Hamzah/hm22)

Related Articles

Latest Articles