19.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Rekapitulasi Tingkat Provinsi Selesai, KPU Siantar Persiapkan Diri jika Terjadi Gugatan

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Rekapitulasi suara Pemilu 2024 saat ini memasuki tingkatkan provinsi. Kota Pematang Siantar menjadi daerah yang pertama lakukan pleno KPU Sumut.

Ketua KPU Siantar, M Isman Hutabarat mengaku, proses rekapitulasi suara Kota Siantar berjalan lancar. Dikatakan dia, tidak ada ditemukan kesalahan yang cukup besar.

“Untuk Kota Siantar masih aman. Saat ini rekapitulasi di provinsi Sumur masih berlangsung untuk daerah lain,” kata Isman, Selasa (12/3/24).

Pun begitu, KPU Siantar tetap mengikuti proses tersebut hingga seluruh daerah di Sumut rampung.  Usai tingkat provinsi, lanjut Isman, rekapitulasi akan dilakukan di tingkat nasional. Pihaknya siap sedia jika KPU Sumut membutuhkan hal-hal yang terkait Pemilu di Siantar saat melaksanakan rekapitulasi tingkat nasional.

Baca juga: KPU Siantar Serahkan Dokumen Hasil Pemilu 2024 ke Provinsi

“Kita pasti siap. Termaksud jika ada nanti gugatan terhadap pelaksanaan dan penghitungan suara di Kota Siantar,” ucap Isman.

Sementara itu, KPU Siantar juga tengah menunggu Peraturan KPU terbaru untuk persyaratan maju di Pilkada Siantar. “Sembari menunggu lah memang. Tahapan nya juga belum sampai ke sana,” ujarnya.

Berdasarkan tahapan Pemilu 2024 yang dikeluarkan KPU RI, DPRD Siantar hasil Pemilu 2024 akan dilantik pada 2 September 2024. Jadwal tersebut bersamaan dengan pemberhentian anggota periode sebelumnya.

Kemudian berdasarkan tahapan Pilkada 2024, pendaftaran pasangan calon akan dilaksanakan 27-29 Agustus 2024, sementara untuk penetapan pasangan calon 22 September 2024. (Gideon/hm20)

Related Articles

Latest Articles