11.2 C
New York
Saturday, May 11, 2024

Rekapitulasi Hasil Pemilu, Dua Daerah Lagi Belum Tuntas

Medan, MISTAR.ID

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Utara mencatat bahwa masih ada dua wilayah yang sedang melakukan rekapitulasi perhitungan suara di tingkat Kabupaten/Kota, yaitu Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang.

Koordinator Hubungan Masyarakat, Data, dan Informasi Bawaslu Sumut, Saut Boangmanalu, menyatakan bahwa rekapitulasi 1 Kabupaten dan 1 Kota masih dalam proses penghitungan.

“Pengawasan terus berlanjut dalam rekapitulasi, baik di tingkat Kabupaten/Kota maupun Provinsi. Saat ini, Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang masih dalam proses rekapitulasi,” kata Saut.

Baca juga:Tolak Teken Berita Acara Rekapitulasi, PDIP Labura Juga Beri Catatan Kejadian Khusus

Saut mengungkapkan bahwa Bawaslu Sumut, bersama dengan Bawaslu Kabupaten/Kota, telah menerima banyak laporan terkait rekapitulasi. Laporan-laporan tersebut mencakup tingkat Kecamatan hingga tingkat Kabupaten/Kota.

“Laporan yang kami terima sangat banyak, mulai dari rekapitulasi tingkat Kecamatan, sangat banyak. Bawaslu menggunakan mekanisme pelaporan dan penanganan keberatan,” ujarnya.

Laporan yang diterima, tambah Saut, disampaikan melalui Mekanisme Laporan dan Mekanisme Keberatan, dan diselesaikan seiring dengan proses rekapitulasi. Dengan demikian, penanganan laporan dilakukan sesuai dengan peraturan dan undang-undang yang berlaku.

“Misalnya, jika ada keberatan dari saksi atau calon tanpa kehadiran saksi. Pihak pelapor dapat menyampaikan ke Bawaslu dengan dua cara, yaitu sesuai dengan penanganan pelanggaran atau melalui mekanisme penanganan pelanggaran cepat. Meskipun kita menerima banyak laporan, namun penanganannya dilakukan sesuai dengan tingkatan yang berlaku,” jelasnya. (khairul/hm17)

Related Articles

Latest Articles