9.4 C
New York
Monday, May 13, 2024

Polres dan Bawaslu Simalungun Koordinasi Sukseskan Pemilu

Simalungun, MISTAR.ID

Dalam upaya memperkuat sinergi dan menjaga integritas penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Polres Simalungun mengunjungi kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) setempat, pada Jumat (12/1/24).

Pada kesempatan itu, Kapolres Simalungun, AKBP Choky Meliala mengatakan, situasi dinamika politik di wilayah Kabupaten Simalungun semakin hangat seiring dengan waktu pelaksanaan Pemilu yang semakin dekat.

Ia juga menegaskan kesiapan pihaknya untuk mendukung Bawaslu dalam menjalankan tugas, khususnya menciptakan lingkungan pesta demokrasi yang aman dan terpercaya.

Baca juga:Kapolres Simalungun Ajak Gen Z Jaga Suasana Kondusif Selama Pemilu

“Kunjungan ini untuk menjaga kualitas dan integritas dalam penyelenggaraan Pemilu yang akan dilaksanakan pada 14 Februari mendatang. Kita juga akan menghadapi berbagai tantangan dalam melaksanakan proses demokrasi yang berkualitas,” kata Choky.

Untuk mensukseskan berjalannya Pemilu, ia menyebut, pihaknya akan terus memantau perkembangan dinamika politik di Kabupaten Simalungun. Juga berkoordinasi langsung dengan pihak Bawaslu.

“Ini bagian dari tugas Kepolisian untuk mengamankan proses demokrasi dan mencegah terjadinya pelanggaran yang mungkin mengganggu integritas Pemilu,” ujarnya.

Baca juga:Polres Simalungun Patroli Skala Besar Jelang Pemilu 2024

Mengenai netralitas, Choky menegaskan bahwa di internal Polri ada banyak aturan yang mengikat seluruh personel untuk tetap bersikap netral selama proses Pemilu berlangsung.

“Komitmen netralitas Polri selama Pemilu sudah diatur dalam aturan internal dan tidak ada toleransi terhadap pelanggaran netralitas. Polres Simalungun memahami perfeksionis situasi ini dan kami selalu siap menjaga keamanan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu, Adillah Februari Purba mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari pihak Kepolisian dan menegaskan sinergi yang terjalin selama ini sangat baik.

Baca juga:Jelang Pemilu 2024, Polres Simalungun Gencarkan Pelatihan Dalmas

Ia juga menginformasikan, bahwa Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) telah berjalan sesuai fungsinya, serta mengharapkan dukungan berkelanjutan dari Polres Simalungun untuk kesuksesan penyelenggaraan pesta demokrasi yang aman dan berkualitas.

“Kunjungan ini merupakan manifestasi dari upaya bersama antara aparat penegak hukum dan lembaga pengawas Pemilu dalam menciptakan kondisi kondusif bagi demokrasi yang sehat di Kabupaten Simalungun,” ujarnya. (indra/hm16)

Related Articles

Latest Articles