6.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Pj Gubernur Sumut Sebut Media Pengaruhi Kualitas Demokrasi

Medan, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin menyoroti peran vital media dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) dan menjaga kualitas demokrasi.

Dalam acara diskusi di Kota Medan, ia mengungkapkan, bahwa media memiliki pengaruh besar dalam membentuk opini publik melalui pemberitaan yang objektif dan akurat.

Hassanudin mengingatkan bahwa zaman sekarang disebut sebagai ‘era post truth’ atau ‘zaman matinya kebenaran’, dimana media memiliki kekuatan besar untuk membentuk kebenaran.

Baca juga:Pj Gubernur Sumut Ambisius Tingkatkan Partisipasi Pemilu 2024

“Dalam konteks Pemilu, media massa dapat menentukan isu-isu penting yang dianggap oleh masyarakat, mempengaruhi persepsi terhadap urgensi dan referensi, serta membentuk landasan kebenaran,” katanya di hadapan ratusan insan pers, pada Jumat (26/1/24).

Dia juga menekankan, bahwa dalam menghadapi Pemilu, media dan influencer harus memberikan informasi yang objektif dan seimbang. Dia mencatat, media saat ini memiliki kekuatan luar biasa, dan peran jurnalis harus dijalankan dengan mematuhi etika jurnalistik yang menuntut akurasi, keseimbangan, serta ketidakberpihakan.

Mantan Pangdam I/Bukit Barisan itu juga mengingatkan tentang potensi manipulasi opini publik melalui media sosial dan platform digital, yang dapat mengubah dinamika kompetisi politik secara tidak adil.

Baca juga:Ajakan Pemilu 2024 Dalam Ibadah Syukuran HKBP, Pj Gubernur Sumut Harapkan Pesta Rakyat Damai

“Karena itu, saya minta agar media bersama-sama mengawasi dan mencegah upaya manipulasi tersebut,” ungkapnya.

Dalam konteks kebenaran pers, Hassanudin menyatakan, kebebasan media harus tetap dalam batas tanggung jawab, sesuai dengan kode etik jurnalistik. Dia menegaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut siap bersinergi dengan media dan penggiat sosial untuk memberikan informasi akurat, valid dan terverifikasi.

Pj Gubernur berharap, agar Pemilu 2024 dapat meningkatkan kualitas demokrasi Indonesia, menciptakan keadilan, kemajuan dan kesejahteraan bagi rakyat.

Baca juga:Pj Gubernur Sumut Pastikan Tahapan Pemilu 2024 Terkendali dan Kondusif

Terlebih lagi, ia menyoroti peran penting media dalam edukasi masyarakat tentang informasi yang kritis dan valid, serta kebutuhan untuk memastikan Pemilu yang kondusif dan damai.

“Esensi dari kehadiran media dalam Pemilu adalah untuk membentuk suatu kebenaran yang dapat dikonsumsi secara damai, sesuai dengan tuntutan dan tantangan pada masa kini,” pungkasnya. (hutajulu/hm16)

Related Articles

Latest Articles