25 C
New York
Sunday, June 30, 2024

PDIP Persiapkan 3 Menteri di Pilkada Jatim 2024

Jakarta, MISTAR.ID

PDI Perjuangan menyiapkan 3 orang menteri di kabinet pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin, yakni Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Azwar Anas dan Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab), Pramono Anung untuk bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur (Jatim) 2024.

“Contohnya dari kalangan menteri ada ibu Risma, pak Abdullah Azwar Anas dan Pramono Anung, ini laris manis ada yang mengusung di Jakarta dan Jatim,” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Sabtu (29/6/24).

Bukan cuma tingkat menteri, Hasto ikut menyiapkan para kadernya yang merupakan kepala daerah petahana untuk maju di Pilkada Jatim. Ini seperti Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, Bupati Trenggalek Nur Arifin hingga Bupati Sumenep, Nur Fauzi.

Baca juga:Sah Golkar Dukung Khofifah-Emil Dardak di Pilkada Jatim 2024

Walaupun begitu, saat ini PDIP masih melakukan usaha kerja sama dengan partai politik (parpol) lain di Jatim seperti Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Gerindra.

Hasto menilai, kebijakan figur calon yang akan diusung partai berlambang banteng itu akan diumumkan di saat yang tepat.

“Ini tahapan yang begitu dinamis. Sehingga partai terus mendorong kader-kader internal partai agar maju,” paparnya.

Baca juga:Demokrat Tunjuk Khofifah-Emil Dardak Maju Pilkada Jatim 2024

Dia juga memastikan PDIP tetap mengusung pasangan Eri Cahyadi-Armuji di Pilkada Surabaya 2024.

“Sebab PDIP ini enak jika bekerja sama tidak neko-neko, jadi banyak pasangan yang tetap. Karena nyaman bekerja sama dengan PDIP,” ungkapnya.

PDIP mempunyai 21 kursi di DPRD Provinsi Jatim hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Itu membuat PDIP belum dapat mengusung kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur sendiri, sehingga harus koalisi dengan partai lain. (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles