14.7 C
New York
Friday, April 12, 2024

Nikson Nababan Daftarkan Diri Sebagai Bakal Calon Gubsu ke PDIP

Medan, MISTAR.ID

Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan telah menyerahkan berkas pendaftarannya sebagai bakal calon Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) ke DPD PDIP, Sabtu (6/4/24). Penyerahan berkas tersebut secara langsung diterima oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut, Rapidin Simbolon, Sekretaris Sutarto, Ketua Bapilu, Mangapul Purban, Wakil Ketua Aswan Jaya, dan anggota DPRD Sumut, Anwar Sani Tarigan, di Lee Polonia Hotel, Jalan Jenderal Sudirman, Sabtu (6/4/24).

Ketua DPD PDIP Sumut, Rapidin Simbolon, menyatakan bahwa Nikson Nababan adalah kader PDI Perjuangan yang pertama kali menyerahkan berkas pendaftaran pencalonan Gubernur ke DPD PDI Perjuangan Sumut.

“Karena berbagai kesibukan masing-masing pihak, besok adalah hari libur, maka kami menerima pendaftaran Pak Nikson sebagai yang pertama dalam kesempatan ini,” ujarnya.

Ketua Bapilu PDI Perjuangan Sumut, Mangapul Purba mengatakan bahwa hingga saat ini, selain Nikson yang sudah melakukan komunikasi dengan pengurus DPD PDIP, masih ada dua lainnya. Yaitu, politisi Partai Nasdem, Rahmansyah Sibarani dan mantan Gubernur Sumut periode 2018-2023, Edy Rahmayadi.

Baca juga: Ketua Umum MUI Taput: Nikson Nababan Pantas dan Layak Pimpin Sumut

“Jujur, yang sudah berkomunikasi dengan kami adalah Pak Rahmansyah Sibarani dari NasDem yang berencana untuk mendaftar sebagai wakil gubernur,” kata Mangapul Purba.

“Melalui panggilan telepon, Edy Rahmayadi juga berkomunikasi dengan kami dan kami memberikan respon mendukung, serta mempersilahkan ia melakukan pendaftaran,” tambahnya.

Perlu diketahui, PDIP telah memulai tahap penjaringan bakal calon kepala daerah untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak. Menurutnya, saat ini proses yang berjalan masih dalam tahap penjaringan.

“Setelah itu akan dilakukan penyaringan, serta berbagai tahapan uji coba dan penilaian lainnya. Hingga kemudian akan diserahkan kepada DPP Partai,” jelasnya. (Khairul/hm20)

Related Articles

Latest Articles