20.7 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Media Inggris Rilis Survei Terbaru Capres 2024, Cek Hasilnya

Jakarta, MISTAR.ID

Jajak pendapat terbaru terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 dikeluarkan oleh media dari Inggris, The Economist.

Survei berjudul ‘Who will be the next president of Indonesia?’ itu, tampak calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto berada di peringkat puncak.

Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra itu unggul dari capres lainnya, yakni, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Baca juga:Paparan Elektabilitas Capres-Cawapres dari 5 Lembaga Survei

Disebut Prabowo unggul di angka 50 persen, disusul Ganjar 23 persen,dan Anies 21 persen.

“Apabila tak ada yang menang lebih dari 50 persen pada putaran pertama, kontestasi akan diteruskan pada bulan Juni,” kata The Economist seperti dilansir, pada Kamis (25/1/24).

Di grafik yang ditunjukkan tingkat keterpilihan Prabowo trennya melonjak mulai awal tahun 2023. Sementara Ganjar sempat menempati peringkat puncak di awal 2023 justru melorot, sedangkan Anies fluktuatif.

Baca juga:Survei Terkini Capres, Prabowo Unggul, Amin dan Ganjar Bersaing

Prabowo saat ini berumur 72 tahun berpasangan dengan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. Sedangkan Anies Baswedan berpartner dengan Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo berpasangan Bersama Mahfud MD.

Profil singkat para peserta Pilpres juga dituliskan The Economist. Pada profil itu dikatakan Prabowo yang pernah menikah dengan putri Presiden Suharto di era Orde Baru berjanji untuk menjaga warisan pembangunan Jokowi. Menteri Pertahanan (Menhan) itu juga disebut menganut paham Jokowinomics, yakni pembangunan berbasis infrastruktur. (tmp/hm16)

Related Articles

Latest Articles