9.4 C
New York
Monday, May 13, 2024

Masih Alami Kendala, KPU Siantar Kebut Pengujian Aplikasi Sirekap

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar masih mengalami sejumlah kendala penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) menjelang hari pencoblosan yang akan digelar, Rabu (14/2/24) besok.

“Di sejumlah kelurahan masih ada yang terganggu. Tentu ini menjadi fokus kita untuk terus melakukan peningkatan,” ujar Ketua KPU Pematangsiantar, M Isman Hutabarat, Selasa (13/2/24).

Isman tidak merinci kendala yang dialami itu. “Intinya kita sedang meningkatkan. Dari hampir semua sisi,” katanya.

Sirekap, sebut Isman merupakan alat bantu mengakses data C-Hasil Pleno dari seluruh TPS. Aplikasi tersebut digunakan sebagai transparansi KPU terhadap hasil pemungutan suara.

“Sesuai dengan ketentuan, Sirekap itu merupakan alat bantu . Bisa manual, tapi kalau ada alat bantu kan bisa lebih cepat,” sebutnya.

Baca Juga : Bawaslu dan KPU Siantar: Formulir C Bukan Syarat Mutlak Mencoblos di TPS

Jika hingga hari H pemilihan Sirekap tetap mengalami kendala, Isman memastikan tidak ada perubahan sebab hasil pemungutan suara sah tetap dilakukan secara manual.

“Kan ada pleno dari tingkat kelurahan hingga kota. Jadi tetap bisa dilakukan manual dan hasilnya nanti berdasarkan rekapitulasi berjenjang itu,” tukasnya. (gideon/hm24)

Related Articles

Latest Articles