9.8 C
New York
Sunday, October 27, 2024

KPU Sumut Gelar Simulasi Pemilihan di Pematangsiantar, Masyarakat dapat Bawa IKD ke TPS

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pilkada 2024, Rabu (23/10/24). Kegiatan yang digelar di Lapangan H Adam Malik, Pematangsiantar itu dihadiri 33 KPU kota/kabupaten se-Sumut.

Simulasi tersebut melibatkan langsung masyarakat sekitar yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 5 Kelurahan Timbang Galung. Partisipasi mencapai 90 persen dari total 453 pemilih.

Koordinator Divisi Teknis dan Penyelenggaraan KPU Sumut, Raja Ahab Damanik mengatakan, simulasi dilakukan sebagai pengingat jika 27 November 2024 mendatang akan diadakan Pilkada Serentak. Selain itu, dengan adanya simulasi ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih.

“Partisipasi pemilih di Pemilu 2024 kemarin mencapai 80 persen, semoga meningkat di Pilkada ini,” kata Raja Ahab.

Baca Juga : Polres Langkat Gelar Simulasi Pengamanan Pemilihan Kepala Desa

Selain itu, simulasi dilaksanakan agar masyarakat dapat memahami proses yang akan dilakukan di TPS nanti. Mulai dari pendaftaran, pengambilan surat suara, pencoblosan, hingga pencelupan tinta jari.

“Sebagai tinjauan KPU Sumatera Utara juga untuk mengetahui proses sejak awal sampai akhir dan berapa lama waktunya. Sehingga dapat diketahui kendala yang dihadapi dan bagaimana kesiapan proses pemungutan dan perhitungan Suara,” kata mantan Ketua KPU Kabupaten Simalungun ini.

Raja Ahab menyebut, dari proses simulasi yang dilaksanakan, masyarakat dapat mengetahui apa-apa saja dokumen yang dibawa saat pencoblosan. Dikatakan dia, jika tidak memiliki E-KTP fisik, pemilih dapat membawa Identitas Kependudukan Digital (IKD) dan foto E-KTP.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles