20.5 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

KPU Langkat Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu 2024

Langkat, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Langkat melaksanakan sortir dan lipat (sorlip) surat suara Pemilu 2024 di gedung olahraga (GOR) Kabupaten Langkat yang ada di kelurahan Kwala Bingai kecamatan Stabat Kabupaten Langkat pada Sabtu (23/12/23).

Sorlip kertas suara Pemilu 2024 ini melibatkan 300 orang warga setiap harinya, yang akan berlangsung hingga lima hari ke depan. Pelaksanaan sortir dan lipat surat suara dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB hingga berakhir pukul 17.00 WIB.

Ketua KPU Langkat Sopian Sitepu menyatakan KPU Langkat telah menerima 2.419.668 lembar surat suara untuk Pemilu 2024 mendatang. Surat suara tersebut ditempatkan di Gedung Olahraga Stabat, Kabupaten Langkat dan saat ini sudah hari kedua dilakukan sorlip.

“Ini hari kedua kita melaksanakan sortir dan lipat surat suara, sehari kita mempekerjakan 300 orang untuk sorlip, upahnya satu lembar surat suara Rp 200,” kata Sopian.

Baca juga:Matangkan Kemampuan Petugas, KPU Binjai Gelar Simulasi Pemungutan Suara

Sopian Sitepu juga menyatakan bahwa sebelum pekerja melakukan penyortiran dan pelipatan, para pekerja dibekali dengan mengatur tata cara penyortiran dan pelipatan agar tidak terjadi kesalahan pada saat melakukan sorlip.

Sortir dan lipat surat suara dilakukan ini dilakukan secara berkelompok diawasi oleh pihak KPU Langkat, Pengawasan secara melekat juga dilakukan jajaran Bawaslu Kabupaten Langkat serta petugas kepolisian dari Polres Langkat.

Sementara itu jumlah surat suara yang di sortir dan dilipat sebanyak 2.419.668, dikemas dalam 4.884 boks, dengan bobot 88 ton. Meliputi surat suara DPR RI, DPRD Provinsi Sumatera Utara dan DPRD Kabupaten Langkat. Semua logistik Pemilu 2024 disimpan di GOR Langkat sebelum didistribusikan ke kecamatan. (endang/hm17)

Related Articles

Latest Articles